10 Jemaah Haji Kloter 1 Batal Berangkat

0
58

CIANJUR, patas.id – Sepuluh jamaah yang bakal menggantikan jamaah haji di Kloter 1 masih menunggu kepastian pengurusan visa dan passport untuk bisa berangkat lebih awal. Jika tidak tuntas hingga Kamis (27 Juli 2017) besok, maka jamaah tersebut bakal kembali ke kloternya dan berangkat sesuai jadwal seharusnya.

Kasi Pemberangkatan Haji dan Umroh Kemenag Cianjur, Tavip Supriadi, mengatakan bahwa di Kloter 1 yang rencananya berangkat pada Kamis pagi, terdapat 10 jamaah yang batal berangkat di antaranya karena meninggal, sakit, dan mengundurkan keberangkatan.

Hal itu membuat 10 kursi kosong diisi oleh jamaah lain yang berada di kloter selanjutnya. “Di kloter pertama, ada seorang jamaah yang meninggal, empat orang sakit, dan lima di antaranya mengundurkan keberangkatan,” ujar Tavip kepada wartawan.

Sesuai ketentuan, jika ada jamaah yang tidak bisa berangkat, kuota diisi oleh jamaah di kloter selanjutnya dan mereka yang ada dalam antrean cadangan bakal berangkat di tahun ini. Namun percepatan itu juga harus juga dilakukan pengurusan visa dan passport.

“Sekarang sedang diurus, kemungkinan malam ini sudah bisa selesai. Kalau tidak, jamaah yang ditarik keberangkatannya itu akan kembali ke kloternya. Cianjur kana da empat kloter, yakni kloter 1, 2, 35, dan 93.”

Di luar jamaah pengganti yang menunggu pengurusan visa dan paasport, Tavip menjamin jamaah lain yang berangkat di kloter pertama dan kedua asal Cianjur sudah aman, baik visa ataupun passport.

“Kalau yang lainnya sudah siap, tinggal berangkat besok pagi. Rencananya Wakil Bupati Cianjur yang akan melepas keberangkatan para jamaah dari Cianjur ke Embarkasi Bekasi.”

Tavip menambahkan, di tahun ini jumlah jamaah di pemberangkatan pertama meningkat, dimana yang biasanya hanya sepuluh bus menjadi 14 bus. Hal itu dikarenakan kloter pertama berangkat bersamaan dengan kloter kedua yang merupakan kloter gabungan, antara Cianjur, Sukabumi, dan Bogor.

“Kan ada penambahan kuota, dari sebelumnya 1.061 menjadi 1.382 jamaah atau bertambah 321 jamaah. jadi ada kloter tambahan yang berangkat besok. kami harap semuanya berjalan lancar, dan jamaah pengganti bisa mendapatkan visa serta passport-nya nanti malam, supaya bisa berangkat bersamaan,” pungkasnya. (isl)