Tiga Rumah Kontrakan Hangus Terbakar

0
185

CIANJUR, patas.id – Sebanyak tiga rumah kontrakan di Kampung ‎Perkoneng Kelurahan Solokpandan Kecamatan Cianjur hangus terbakar. Diduga api berasal dari tungku yang membakar bilik di salah satu rumah.

Peristiwa kebakaran yang terjadi sekitar pukul 17.30 WIB tersebut berawal dari rumah kontrakan milik Jaja (70 tahun). Bangunan yang terdiri dari bilik bambu membuat api cepat merembet, bahkan dalam waktu 10 menit, api sudah melalap dua rumah di sampingnya dan menimbulkan kepanikan.

“Awalnya dari rumah Jaja, kemudian dua rumah lainnya ikut terbakar. Kan dari bilik, jadi cepat terbakarnya,”ujar Andri Dermawan (40 tahun) salah seorang warga sekitar.

‎Sesaat setelah mengetahui ada kebakaran, puluhan warga pun saling membantu memadamkan api dengan alat seadanya karena mobil pemadam baru datang 20 menit setelah kebakaran.

Kepanikan juga terlihat dari warga yang sibuk mengamankan barang berharga masing-masing, sebab khawatir api merembet hingga ke rumah mereka. Apalagi lokasi rumah yang terbakar tepat berada di tengah pemukiman yang cukup padat penduduk.

BACA: Kebakaran di Pemukiman Padat Kampung Perkoneng

Een Kurnia (42 tahun), salah seorang warga lainnya, mengaku baru tahu ada kebakaran setelah warga lain sibuk mencari air dan berteriak memberitahu ada kebakaran. Dia pun berusaha mengamankan barang-barang berharganya, sebab rumah yang terbakar persis berada di belakang rumahnya.

Namun yang pertama dia amankan ialah tabung elpiji 3 kilogram. Sebab dikhawatirkan ketiba merembet, api semakin besar dan membakar elpiji.

“Tadi beres shalat langsung lihat ke luar lagi rame ambil air. Begitu tahu ada kebakaran langsung barang-barang dikeluarkan. Bagian belakang rumah mungkin terbakar, soalnya persis bersampingan dengan rumah saya.”

Api mulai padam begitu tiga unit mobil pemadam diterjunkan serta sebuah mobil pengangkut air. Namun hingga sekitar pukul 19.00 WIB, petugas masih melakukan pemadaman untuk memastikan tidak ada yang memicu lagi api.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, api berasal dari tungkul yang merembet ke bilik. Jumlah kerugian belum dipastikan sebab petugas masih melakukan pendataan. (isl)

Comments

comments