Raja-raja Nusantara Ramaikan Parade Cianjur Jago Festival

0
225

CIANJUR, patas.id – Raja-raja Nusantara hadir meramaikan Parade Cianjur Jago Festival, Sabtu (15 Juli 2017). Kedatangan mereka diharapkan mampu mempromosikan dan mendongkrak pariwisata Kota Santri.

Menggunakan pakaian adat masing-masing daerah, raja-raja Nusantara yang tergabung dalam Talimas Kebangsaan ‎itu didudukkan di panggung kehormatan sejajar dengan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur bersama unsur Muspida lainnya.

Setelah raja-raja Nusantara yang datang dari Kesultanan Cirebon, Sulawesi, dan daerah lainnya tersebut tiba di pangung kehormatan, parade dilanjutkan dengan kedatangan kuda kosong yang menjadi ikon utama dalam setiap hari besar di Kota Santri.

Tidak hanya sampai di situ, parade alutsista dari 300 Raider, Yon Armen 105/Tarik, dan Brimob Polda Jabar ikut meramaikan pawai yang ditontonoleh puluhan ribu warga Cianjur itu.

Ketua Pelaksana Cianjur Jago Festival 70 ribu Detik, Yeyen Rohyanda, mengatakan bahwa konsep festival yang bertema “Harmoni di Negeri Santri” kali ini menekankan pada kualitas, bukan pada kuantitas atau banyaknya peserta.

Kehadiran para raja Nusantara, lanjutnya, akan menjadi amaran bahawa kesenian, kebudayaan, dan keberagaman lebih ditonjolkan.

“‎Selain yang sudah biasa seperti kuda kosong, kereta kencana dan lainnya, kali ini diundang juga raja-raja Nusantara. Dengan baju adat masing-masing, mereka hadir dan meramaikan kegiatan.”

Menurutnya, raja-raja itu berasal dari Kesultanan Cirebon, Riau, Kalimantan, Lampung, Sumedang, dan lainnya. “Setelah ini mereka bakal saksikan juga iring-irinan mobil hias, totalnya sampai 60 mobil hias,” katanya.

Yeyen berharap kehadiran para raja Nusantara mampu mendongkrak pariwisata Cianjur ke depan, sebab festival ini menururtnya bisa jadi media promosi Cianjur di daerah mereka berasal.

“Jadi kehadirannya sekaligus promosi, inilah Cianjur, berbudaya, memiliki banyak kreasi seninya, dan tentu memiliki banyak destinasi wisatanya. Maka dari itu selain pesta rakyat, juga promosi untuk mendongkrak pariwisata,” ucapnya. (isl)

Comments

comments