Forum Lintas Elemen Gagas Gerakan “Cipanas Bisa!”

1
205

CIANJUR, patas.id – Forum lintas elemen di Cipanas yakin bisa kembali menghidupkan potensi Cipanas khususnya dari sektor wisata dan meningkatkan ekonomi warganya dengan menggagas “Cipanas Bisa”.

“Kami dari pelaku seni, budaya, lintas elemen berkumpul untuk menggali potensi wisata yang ada di Cipanas. Kami tak bergerak menyentuh politik tapi bersinergi dan butuh dukungan dari pemerintah,” ujar Deden Ahmad Suhendar penggagas acara sekaligus Ketua Tembang Indonesia Kenangan Cianjur.

Dia mengatakan komunikasi lintas elemen ditekankan kepada ide-ide segar dan baru dari wilayah masing-masing agar terwujud kemandirian dan menghidupkan perekonomian warga. Apalagi kawasan Cipanas sudah terkenal sejak dulu dengan kawasan wisatanya, terutama dalam sumbangsih terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang disetorkan kepada pemerintah pusat.

“Usaha-usaha lokal, baik itu usaha kecil menengah dari kawasan Cipanas maupun dari sisi sumber daya manusianya kami bahas agar menciptakan sesuatu yang baru yang bisa diterima masyarakat secara luas.”

Menurut Deden, acara diskusi lintas elemen akan rutin digelar untuk mengevaluasi apa saja yang telah dilakukan, kekurangan yang ada, serta cara mengatasinya. Kehadiran perangkat pemerintah mulai dari unsur Desa dan Kecamatan juga menunjang acara diskusi sehingga apa yang disampaikan oleh pemberi ide bisa didengar dan mendapat dukungan dari pemerintah.

“Dari unsur pelaku seni, dari unsur pelaku usaha seperti pemilik usaha kuliner dan hotel, turut ikut ambil bagian dalam acara santai ini, sehingga kami bisa mendengar langsung kontribusi mereka. Acara ini untuk menyatukan ide-ide segar agar bersinergi dan selaras dengan apa yang sedang dijalankan oleh pemerintah.”

Sementara itu Ketua Paguyuban Pamacan, Rama Ariandi, menyambut baik adanya diskusi lintas elemen untuk memajukan sektor pariwisata di Cipanas.

“Ini forum kreatif dimana ide-ide nantinya akan muncul, kami sadar Cipanas adalah pusat wisata di Cianjur, jadi adanya peran serta aktif dari masyarakat sendiri untuk lebih memajukan unsur wisata tentu akan didukung oleh pemerintah, mudah-mudahan ini kebangkitan wisata untuk daerah Cipanas,” katanya. (isl)

Comments

comments