Pemohon Kartu Kuning Melonjak, Ini Himbauan Disnakertans!

0
217

CIANJUR, patas.id – Jumlah pemohon Kartu Kuning atau AK 1 di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur melonjak dibandingkan hari biasanya. Puluhan pemohon bahkan sudah antre sejak loket belum dibuka.

Sekretaris Disnakertrans Kabupaten Cianjur, Heri Suparjo, memperkirakan hingga Senin (3 Juli 2017) siang, terdapat 200 pemohon kartu kuning. Pemohon yang tidak terlayani hinggga jam kerja berakhir akan diarahkan untuk kembali besok dengan jaminan diprioritaskan.

“Tadi sebelum apel pagi saja sudah ada 70 orang yang antre membuat kartu kuning. Kemungkinan sampai sore bisa ratusan orang yang datang.”

Saat ditemui di Pendopo Cianjur, Senin (3 Juli 2017), Heri mengungkapkan bahwa lonjakan itu terjadi lantaran banyak warga Cianjur yang berburu pekerjaan baik di daerah atau di luar kota, usai Idul Fitri. Libur panjang selama 10 hari membuat jumlah pemohon menumpuk pada hari pertama pelayanan dibuka kembali.

“Kemarin kan libur panjang, jadi numpuk sekarang. Kemungkinan para pencari kerja ini tunggu momen yang tepat, yakni setelah Lebaran.”

Sayangnya, lanjut Heri, para pencari kerja ini tidak mengindahkan imbauan Dinas untuk mengembalikan atau menginformasikan apakah sudah mendapatkan pekerjaan atau belum. Padahal, pengembalian bisa dilakukan melalui e-mail, tidak harus datang ke Kantor Disnakertrans. Hal itu dilakukan untuk mendata wartga yang telah mendapatkan pekerjaan.

“Berdasar data terakhir ada 59 ribu warga Cianjur yang bekerja. Tapi saya kira jumlahnya lebih dari itu. Sayangnya, mereka (pemohon Kartu Kuning, red) tak mengembalikan atau menginformasikan, jadinya tidak terdata semua. Makanya kami harap imbauan itu dijalankan,” pungkasnya. (isl)

Comments

comments