Model Berjerawat dan Penuh Singkayo Ini Menuai Pujian

0
223

PATAS.ID – Banyak perusahaan fashion ternama yang dikritik karena menggunakan Photoshop untuk menyempurnakan tubuh model iklan mereka, termasuk menghilangkan jerawat, bintik hitam, tanda lahir, selulit, lemak, dan singkayo.

Proses editing pada foto tersebut merupakan hal yang biasa dilakukan. Tubuh dan wajah model dalam foto “diperbaiki” terlebih dahulu sehingga nampak mulus, langsing, tanpa cacat. Tak heran jika selebritis atau fotomodel nampak sempurna dalam pandangan kita.

Namun, hal yang berbeda dilakukan oleh asos.com. Bisnis fashion yang bermarkas di London ini sengaja menampilkan model-model dalam foto katalog tanpa melalui proses editing pada wajah atau tubuh. Hasilnya, model-model tersebut tampil apa adanya, termasuk dalam foto katalog pakaian renang yang tentu banyak memperlihatkan “cacat” yang sensitif bagi kaum perempuan, seperti selulit atau stretch mark/singkayo.

Namun, inovasi yang dilakukan Asos justru mengundang pujian dari netizen. Model-model yang tampil dengan wajah berjerawat serta menunjukkan selulit atau singkayo ini dianggap mewakili kondisi fisik perempuan sesungguhnya.

Salah satu pujian datang dari pemilik akun Twitter @OliviaTuffrey. “Selamat, Asos, atas jerawat dan stretch mark yang tak disembunyikan,” cuitnya seraya memberi emotikon tepuk tangan. Hal senada diungkapkan oleh pemilik akun @leahtudorx yang memuji kecantikan alami para model tersebut.

“Asos tidak mengedit singkayo dari model baju renang membuatku sangat senang. Lihat betapa cantiknya mereka.”

Sementara pemilik akun @BeckieJBrown mengaku senang melihat singkayo di tubuh para model pakaian renang Asos.

“Pantatku mungkin tak sekencang itu, tapi aku senang melihat garis-garis zebra di tubuh mereka. Terlihat sangat normal! Selamat!”

Terobosan yang dilakukan Asos yang menampilkan model apa adanya mengundang banyak pujian dari netizen. Namun, selain Asos, beberapa merk fashion lain juga melakukan hal yang sama, di antaranya perusahaan pakaian dalam Lonely asal Selandia Baru, serta perusahaan Amerika Serikat Aerie dan Rheya. Mereka tak segan-segan menampilkan model bertubuh besar, lengkap dengan perut yang bergelambir. Sangat inspiratif, bukan? (cho)

Comments

comments