Libur Lebaran, Gunung Padang Dijejali Ribuan Wisatawan

0
174

CIANJUR, patas.id – Sebanyak 2.500 pengunjung memadati Situs Gunung Padang di Kecamatan Campaka setiap harinya sejak sehari setelah Idul Fitri. Sayangnya, perilaku pengunjung yang seenaknya, kerap mengancam kondisi situs pra sejarah tersebut.

Koordinator Juru Perilahara Situs Gunung Padang, Nanang Sukmana, mengatakan bahwa sejak hari Lebaran, tingkat kunjungan kembali meningkat setelah saat Ramadhan sempat menurun drastis. Padatnya tingkat kunjungan bisa terlihat dari penuhnya beberapa teras utama di puncak situs dan halaman parkir sepeda motor yang sudah tak menyisakan ruang.

“Awalnya mencapai 1.500 pengunjung, tapi di hari ketiga usai lebaran naik lagi hingga 2.500 pengunjung dalam sehari.”

Nanang menuturkan, meningkatnya angka kunjungan diprediksi terus terjadi sepanjang libur panjang Hari Raya hingga libur sekolah usai. Pengunjung pun tidak hanya berasal dari Cianjur, melainkan banyak dari Bandung, Jakarta, hingga wisatawan mancanegara.

“Satu pekan ke depan diperkirakan akan terus meningkat karena libur yang cukup panjang dan libur sekolah yang sampai dua pekan ke depan.”

Seiring meningkatnya jumlah wisatawan itu, pengelola mengimbau pengunjung untuk mematuhi zona yang diperbolehkan dan dilarang untuk pengunjung agar keamanan dan kebersihan situs tetap terjaga.

Perilaku pengunjung, tambah Nanang, kerap mengancam kelestarian situs. Pasalnya, mereka sering tidak mengindahkan aturan, mulai dari menginjak daerah yang dilarang hingga menaiki batuan yang berdiri tegak, padahal beberapa kali perilaku itu membuat batuan roboh bahkan patah.

“Puluhan juru pelihara situs bertugas untuk mengigatkan pengunjung agar tidak melanggar zona yang telah ditentukan. Namanya pengunjung, pasti ada saja yang membandel, makanya kami juga kerja ekstra dengan meningkatnya kunjungan ini,” katanya. (isl)

Comments

comments