237 Napi Dapat Remisi Hari Raya

0
210

CIANJUR, patas.id – ‎Sebanyak dua narapidana di Lapas kelas IIB Cianjur bebas setelah mendapatkan remisi hari raya keagamaan, sementara ratusan lainnya mendapatkan potongan masa tahanan selama 15 sampai 45 hari.

“Ada dua yang bebas di Idul Fitri kali ini. Diserahkan setelah salat Ied,” ujar Kepala Subseksi Registrasi Bimbingan Kemasyarakatan Lapas Kelas IIB Cianjur, Fani Andika.

‎Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Cianjur‎, Yunianto‎, mengatakan, selain dari dua orang napi tersebut, ada 237 narapidana lainnya yang mendapatkan remisi Hari Raya. Jumlah tersebut, menurut Yunianto,  lebih sedikit dibandingkan yang diajukan, sebab pihaknya mengajukan remisi untuk 483 narapidana.

“Sebenarnya ada 762 warga binaan di sini, 166 orang merupakan tahanan dan 596 narapidana. Yang berhak mendapatkan remisi ialah narapidana. Berdasarkan persyaratan, yang dinilai layak ada 483, namun yang direalisasikan dari Pusat hanya 237 narapidana.”

Menurutnya, dari 237 napi yang dapat remisi, 164 di antaranya mendapat potongan masa tahanan selama 1 bulan, 59 mendapatkan remisi 15 hari, dan 13 sisanya mendapatkan remisi 1 bulan 15 hari.

‎”Berbagai faktor penilaian bakal mempengaruhi lama potongan masa tahanan, terutama untuk sikap.”

Yunianto menuturkan bahwa pola pembinaan di Lapas Cianjur yang berbasis pesantren membuat sikap napi terus membaik, sehingga banyak yang dapat remisi. “Kami berharap tidak hanya untuk mendapatkan remisi, perubahan sikap itu dipertahankan agar tak kembali ke Lapas sebagai tahanan,” pungkasnya. (isl)

Comments

comments