Komandan Pos 1 Damkar: Matikan Gas dan Listrik Saat Mudik

0
160

CIANJUR, patas.id – Pemudik diimbau untuk tidak menyalakan peralatan elektronik selama meninggalkan rumah. Selain itu, elpiji 3 kilogram diupayakan dilepas dan dipastikan tidak menyala untuk mengantisipasi kebakaran saat mudik.

‎”Yang harus diperhatikan itu elpiji 3 kilogram dan jaringan listrik. Karena penyebab kebakaran yakni kedua hal tersebut,” ujar Komandan Pos 1 Pemadam Kebakaran Cianjur, Aan Salwan.

BACA: 9 Tips Aman Tinggalkan Rumah Saat Mudik

‎Menurutnya, selama Ramadhan terjadi tiga peristiwa kebakaran di Cianjur, yakni di Cibeber, di Campaka, dan di Cilaku. Jika kondisi rumah tidak diperhatikan dan tak mengantisipasi pemicu kebakaran, dikhawatirkan saat mudik atau malam Idul Fitri bermunculan peristiwa kebakaran.

“Tahun lalu ada lima kebakaran, beberapa di antaranya terjadi saat rumah ditinggal pemilik rumah untuk mudik. Dikhawatirkan, Ramadhan kali ini jumlahnya lebih banyak dibandingkan 2016.”

Menurutnya, untuk elpiji 3 kilogram harus dilepas dari regulatornya, supaya tidak terjadi kebocoran. Sementara jaringan listrik diharapkan dimatikan terutama untuk alat-alat elektronik yang sekiranya tidak perlu menyala, sebab dapat memicu hubungan arus pendek listrik.

“Khusus untuk jaringan listrik, sering ada hubungan arus pendek karena jarang memeriksa jaringan kabel, padahal harus diperiksa rutin. Minimalnya jika tidak sempat memeriksa, matikan alat elektronik supaya tidak memicu. Kalaupun supaya rumah tidak gelap, cukup nyalakan lampu depan rumah.”

Aan menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan petugas yang stand by saat musim mudik dan malam Idul Fitri. “Untuk di Pos 1, ada tujuh orang petugas. Dan di pos lainnya juga sudah siaga petugas yang siap kapan saja turun jika terjadi kebakaran,” katanya. (isl)

Comments

comments