BPBD Siapkan Posko Tanggap Bencana untuk Mudik Lebaran

0
193
CIANJUR, patas.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur siapkan Posko Tanggap Bencana untuk mengantisipai terjadinya bencana saat pelaksanaan arus mudik Lebaran 2017.
 
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, mengungkapkan bahwa rencananya, posko-posko itu akan ditempatkan di sejumlah lokasi, di antaranya  di Jalan Raya Bandung, Kecamatan Karangtengah.‎ 
“Pembentukan Posko Tanggap Bencana pada  Minggu (19 Juni 2017) dengan jadwal dibarengkan dengan posko instansi lainnya.” 
Selain itu, lanjut asep Asep, pemilihan tempat  Posko Tanggap Bencana disesuaikan dengan luas area dengan tingkat mobilisasi yang tinggi.
“Posko utama tidak kami tempatkan di lokasi rawan bencana, sebab berdasarkan informasi BMKG, Cianjur saat ini mengalami kemarau normal, sehingga kecil kemungkinan terjadinya longsor.” 
Asep menjelaskan, untuk wilayah di luar posko utama, para relawan tanggap bencana tetap disiagakan, guna mengantisipasi keadaan darurat bencana. Tidak hanya yang disebabkan bencana alam, tetapi juga karena kecelakaan atau hal lainnya.
 
“BPBD hanya mempersiapkan satu titik utama, jika terlalu banyak posko dikhawatirkan tidak efektif. Contohnya, di Cianjur Selatan kami hanya mempersiapkan relawan, terutama di pantai Jayanti Cidaun,” jelas Asep.
Ditanya terkait kemungkinan bencana longsor pada liburan panjang lebaran 2017, Asep  memprediksi sangat kecil. Tetapi jika terjadi bencana, para relawan dapat melakukan komunikasi langsung ke BPBD. “Piket akan dilakukan 24 jam termasuk hari libur Idul Fitri, BPBD akan siap siaga tanpa libur sesuai dengan Protap yang telah ada,” katanya. (isl)

Comments

comments