BPBD Cianjur: Tak Ada Dampak Serius Gempa

0
221

CIANJUR, patas.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur memastikan gempa bumi berkekuatan 6,3 Skala Richter yang bersumber di Sukabumi tidak memberikan dampak besar bagi Kabupaten Cianjur.

Seperti yang diketahui, terjadi gempa berkekuatan 6,3 Skala Richter (SR) Senin (12 Juni 2017) pukul 06:15 WIB.‎ Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 8,36 Lintang Selatan – 106,18 Bujur Timur, tepatnya di laut pada jarak 179 kilometer arah barat daya Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 10 kilometer. Gempa tersebut menyebabkan warga Sukabumi berhamburan keluar rumah di pagi yang hujan dan terasa hingga Jabodetabek dan Banten.

Saat dihubungi melalui telepon seluler, Kepala BPBD Kabupaten Cianjur Asep Suparman mengatakan bahwa gempa tersebut terasa di Cianjur, tapi lebih lemah dibandingkan Bandung, Garut, dan daerah sekitar lainnya. “Sampai saat ini belum ada laporan dampak gempa tersebut. Tapi memang guncangannya lemah,” ungkapnya.

Asep mengaku juga belum mengetahui kenapa Cianjur kerap terasa lemah ketika terjadi gempa yang cukup besar di daerah sekitar.

“Memang ini yang sering terjadi. Ketika ada gempa, Cianjur selalu terlewat untuk tenaga yang besar. Seperti ketika Garut, terasa sekali di Sukabumi sementara Cianjur tidak begitu terasa. Sekarang gempa di Sukabumi, yang paling terasa juga di Bandung, sementara Cianjur sangat kecil.”

Menurutnya, lokasi lempengan yang jauh diperkirakan yang membuat ke Cianjur terasa lemah. “Mungkin juga dari patahannya tidak langsung ke Cianjur. Tapi itu juga jadi kabar baik sehingga Cianjur tak terkena dampak yang besar,” ucapnya.

‎Dia menambahkan, meski kekuatan gempa cukup besar, tidak berpotensi menimbulkan tsunami. “Untuk dampak guncangan pun kami belum terima laporan, diharapkan memang tidak berdampak,” ucapnya. (isl)

Comments

comments