Alhamdulillah, Rumah Oom Mulai Direnovasi. Seperti Apa Konsepnya?

0
174

CIANJUR, patas.id – Rumah Oom (90 tahun) di Kampung Babakan Cikukulu RT 01/08 Desa Nagrak Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur mulai direnovasi, Senin (5 Juni 2019). Pembangunan rumah tidak layak huni tersebut ditargetkan selesai sebelum Idul Fitri.

Renovasi rumah nenek yang terkena stroke selama tiga tahun terakhir itu dimulai dengan pembongkaran‎ bangunan lama. Kondisi bangunan dari bilik dan kayu yang sudah lapuk membuat renovasi dilakukan secara menyeluruh atau bisa dibilang pembangunan ulang.

BACA: Oom Menderita Stroke di Rumah yang Hampir Roboh

Satu per satu bagian rumah ‎dibongkar, mulai dari genting, jendela, pintu, dan kayu penyangga. Bagian yang masih bagus disimpan untuk digunakan kembali, sementara yang sudah rusak dipisahkan. Namun bagian yang tidak terpakai pun diminta oleh tetangganya yang turut membantu dalam proses pembongkaran bangunan.

Ketua Harian Ngerayap Community Cianjur, Andri Suherman,‎ mengatakan bahwa rumah Oom yang lahannya merupakan hibah bakal dibangun menjadi rumah tipe 36 dengan 2 kamar, kamar mandi, dapur dan teras depan.

“Kami targetkan dalam 15 hari atau paling lambat sebelum Idul Fitri. Jadi Mak Oom bisa menikmati rumah barunya saat Lebaran.”

Menurutnya, banyak pihak yang ingin membantu merenovasi rumah Oom. Material mulai dari pasir, batu bata, semen dan lainnya akan mulai datang Selasa (6 Juni 2017). “Rencananya semua pihak gotong-royong, mulai dari polisi, TNI, hingga anggota komunitas dan para donatur. Kami harap bisa segera selesai,” katanya. (isl)

Comments

comments