Berkah Ramadhan Bagi Penjual Nenas di Jalan Mangunsarkoro

0
241

CIANJUR, patas.id – Ada pemandangan berbeda di ujung Jalan Mangunsarkoro setiap memasuki Ramadhan. Ratusan buah nenas segar asal Subang dipajang di emperan trotoar, menunggu untuk dibeli.

Para penjual nenas itu ternyata memang muncul di sepanjang Jalan Mangunsarkoro sampai Jalan A Sucipta saat Ramadhan saja. Sementara di luar Ramadhan, mereka kembali ke rutinitas semula sebagai penjual makanan.

“Nenas memang lakunya waktu Ramadan, kalau di luar bulan puasa tidak ada yang beli, paling banyak satu atau dua, tidak seperti saat bulan ini,” ujar Dadin bin Ahmad (50 tahun) salah seorang penjual nenas.

Dadin mengaku sudah puluhan tahun berjualan nenas, dan setiap tahun dia tidak pernah berpindah lokasi, tetap di depan sebuah bengkel mesin di jalan tersebut.

“Sudah sejak harga nanas Rp 450 sampai sekarang Rp 4.500 untuk yang ukuran kecil, saya jualan nenas. Biasanya banyak yang jualan, tapi sekarang baru tiga orang yang jualan nenas Ramadan ini.”

Nenas yang dibawa langsung dari Subang itu dijual Dadin dengan harga beragam, mulai dari yang Rp 10 ribu untuk tiga buah nenas kecil, hingga yang harganya Rp 15 ribu untuk sebuah nanas. Perbedaan harga itu ternyata berhubungan dengan jenis dan kualitas nenas.

“Tergantung mau belinya yang mana. Tapi mau yang kecil atau yang besar biasanya manis kalau dari Subang, airnya juga banyak. Beda dengan nanas daerah lain yang kandungan airnya sedikit. Makanya nenas Subang banyak yang suka.”

Biasanya, lanjut dia, saat Ramadan dia bisa menjual 2 ton nanas dalam waktu dua hari. Namun lantaran pasar yang sudah pindah dan pusat keramaian yang juga tidak terfokus di kota, membuat tingkat penjualannya menjadi lebih rendah.

BACA: Selusin Manfaat Nenas Bagi Kecantikan

Meski begitu, keuntungan yang didapat tetap lumayan. Dari dua ton nenas yang modalnya Rp 6,5 juta, Dadin biasa mendapatkan Rp 8 juta-10 juta.

“Kalau dulu dua ton itu bisa habis dua hari, tapi sekarang mah dua ton buat lima hari. Tapi lumayan untuk tambah-tambah Lebaran,” katanya. (isl)

Comments

comments