Tingkat Kunjungan Wisatawan Gunung Padang Menurun

0
208

CIANJUR, patas.id – Tingkat kunjungan ke Situs Megalitikum Gunung Padang menurun drastis saat Ramadhan. Namun diperkirakan tingkat kunjungan akan normal bahkan membludak usai Idul Fitri.

Koordinator Juru Pelihara Gunung Padang, Nanang Sukmana, mengatakan bahwa selama tiga hari di bulan Ramadhan, pengunjung yang datang ke Situs Gunung Padang berkisar 20 sampai 30 orang per hari.

“Tiga hari terakhir sepi. Sabtu lalu ada 29 orang, sementara Minggu sebanyak 34 orang. Memang sangat jauh dibandingkan bisanya yang 500 sampai 750 pengunjung per hari.”

Nana menyebutkan bahwa pengunjung yang datang selama Ramadan itu berasal dari Cianjur, Sukabumi, dan Bandung. Namun juga ada seorang pengunjung dari luar negeri tepatnya dari Kanada.

“Pengunjungnya cuma dari sekitaran Cianjur, paling jauh Bandung dan Sukabumi. Tapi kemarin ada dari Kanada juga sengaja datang untuk melihat Situs ini.”

Dia mengungkapkan, tingkat kunjugnan akan kembali normal dua hari setelah Idul Fitri. Bahkan jumlah pengungjung terkadang lebih banyak ketimbang biasanya, yakni mencapai 1.500 sampai 2.500 orang per hari.

“Ya, biasanya dua hari setelah Idul Fitri, kan pas hari Idul Fitri-nya silaturahmi. Sampai habis libur panjang pasti ramai terus, sampai 2.500 pengunjung per hari. Kami hanya mengimbau kepada pengunjung agar bisa menjaga situs ini, jangan merusak,” kata dia. (isl)

Comments

comments