Makam Dalem Cikundul Sesak oleh Para Peziarah

0
227

CIANJUR, patas.id – Selama sepakan terakhir menjelang Ramadan, tingkat kunjungan ke Makam Bupati Pertama Cianjur, Dalem Cikundul atau Arya Wiratanu mencapai 1.000 orang per hari.

‎Cecep Suwindar (50 tahun), salah seorang petugas di Makam Dalem Cikundul, mengungkapkan bahwa biasanya jumlah pengunjung‎ per harinya hanya 500 orang dari sejumlah wilayah di Cianjur dan kota di sekitar cianjur.

“Selama seminggu terakhir rata-rata seribu orang, tapi ada juga yang sampai 2.000 orang dalam sehari. Mulai dari pagi sampai tengah malam.”

Menurutnya, sepekan menjelang Ramadan, tingkat kunjungan atau peziarah memang meningkat dua sampai tiga kali lipat. Mereka datang untuk melakukan papajar (budaya warga Cianjur menghadapi Ramadan).

“Pengunjungnya atau peziarah kebanyakan dari Cianjur selatan. Tapi ada juga yang dari Karawang, Bekasi, dan Bandung.”

Jika tingkat kunjungan sangat padat, lanjutnya, biasanya peziarah yang akan datang ke area makam akan digilir. “Kalau sudah padat di atas, harus menunggu dulu selesai, kemudian dilanjutkan oleh rombongan berikutnya, supaya tidak menumpuk di atas (area makam),” katanya.

Lonjakan peziarah akan berakhir pada dua hari menjelang Ramadan‎. “Hari ini (25 Mei 2017) biasanya jadi yang terakhir peningkatan peziarah, kalau besok kan sudah sehari menjelang. Tidak akan terlalu banyak, paling yang ziarah sampai pukul 12.00 WIB,” jelas Cecep.

Cecep pun menambahkan bahwa saat Ramadhan biasanya tingkat pengunjung akan sangat menurun drastis, bahkan dalam sehari paling banyak ada sepuluh orang yang berziarah. “Selama sebulan biasanya jarang yang berziarah kalau Ramadhan. Mulai ada lagi peziarah beberapa hari setelah Idul Fitri,” pungkasnya. (isl)

Comments

comments