Hanya Butuh Beberapa Detik untuk Bobol 1 Sepeda Motor

0
170

CIANJUR, patas.id – Hanya dalam sepuluh detik, kunci kontak sepeda motor berhasil dijebol kemudian dinyalakan oleh RM (30 tahun), pelaku curanmor yang berhasil dicokok jajaran Satreskrim Polres Cianjur.

Betapa singkatnya waktu untuk membobol sepeda motor jenis Suzuki Thunder itu didapat saat pelaku mempraktekkan aksinya di hadapan Kasatreskrim Polres Cianjur, Benny Cahyadi, dalam gelar perkara di Mapolres Cianjur, Jumat (19 Mei 2017).

Hanya dengan bermodal kunci letter L, dalam hitungan detik kunci kontak rusak, kemudian berhasil dinyalakan, dan siap untuk dibawa kabur dengan mudahnya. Menurut RM saat gelar perkara, satu sepedah motor bisa dibobol dalam waktu maksimal 20 detik.

“Paling lama 10 detik sudah selesai. Paling lama 20 detik baru bisa dijebol.”

Tidak hanya kunci kontak, kunci ganda atau gembok pun bisa dengan mudah dirusak. Berbeda dengan alat untuk menjebol kontak yang berbentuk runcing pada bagian ujungnnya, alat untuk menjebol gembok berbentuk kotak.

“Sama seperti kunci kontak, paling 15 detik sudah jebol. Selanjutnya tinggal membobol kontaknya.”

Kasatreskrim Polres Cianjur, AKP Benny Cahyadi, menuturkan, penangkapan RM dilakukan setelah mendapatkan laporan terjadinya pencurian sepeda motor di wilayah hukum Cianjur. “Dari laporan itu kami berhasil mengamankan RM dan temannya AM (19 tahun). Dimana salah satunya sebagai eksekutor dan lainnya membantu,” papar Benny.

Menurut Benny, dari laporan 17 tempat kejadian pencurian, pihaknya berhasil mengamankan 15 unit sepeda motor sebagai barang bukti atas tindakan yang dilakukan keduanya. “Kami juga amankan barang bukti lainnya berupa kunci kontak, STNK, telepon genggam, dan kunci perusak,” katanya.

Selain AM dan RM, Polres Cianjur juga mengamankan tiga orang lainnya yang merupakan penadah sepeda motor curian, ketiganya ialah AH (22 tahun), RA (29 tahun), dan YF (27 tahun).

“Mereka menjadi penadah, jadi sepeda motor curian itu dibawa kabur ke Cianjur selatan kemudian diberikan pada ketiganya untuk dijual lagi.”

Atas tindakannya, para pelaku dikenakan pasal 363 dan 480 KUHP dengan ancaman masa tahanan di lima tahun. “‎Untuk RM, merupakan residivis sehingga masa hukumannya lebih berat,” katanya. (isl)

Comments

comments