Bupati Cianjur Launching Kartu Insentif Rakyat Miskin

0
180

CIANJUR, patas.id – Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, me-launching program dan kartu Insentif Rakyat Miskin (IRM) di Kecamatan Campaka Mulya‎, Kabupaten Cianjur, Kamis (18 Mei 2017). Meski sudah di-launching, Pemkab masih melakukan verifikasi di sejumlah wilayah.

Irvan mengatakan, launching kartu tersebut merupakan janji ketiga yang baru bisa terlaksana. Tujuannya untuk memberikan bantuan bagi warga yang benar-benar miskin.

“Ini janji yang belum bisa saya realisasikan beberapa waktu terakhir, baru kali ini bisa direalisasikan,” kata dia.

Menurutnya, Campaka Mulya dipilih jadi lokasi launching lantaran verifikasi data yang sudah selesai. Tidak hanya itu, Campaka Mulya juga menjadi daerah dengan tingkat kemiskinan tertinggi di Cianjur.

“Camapaka Mulya jadi yang tingkat kemiskinannya tertinggi, maka didahulukan. Bertepatan juga dengan setahun kepemimpinan saya dan wakil saya, Herman Suherman.”

Dia mengatakan, setelah tuntas verifikasi, pihaknya akan mengambil dulu kartu yang sebelumnya telah disebar dan mengganti dengan yang baru. Mereka yang diberi kartu pun hanya yang benar-benar miskin, bukan warga mampu yang berjiwa miskin.

“Yang diberi hanya jompo yang sudah tidak ada yang memberi kebutuhan atau yang benar-benar miskin. Makanya nanti diberi berdasarkan hasil verifikasi,” ungkapnya.

Dia menambahkan, dana yang disalurkan pada penerima kartu IRM merupakan dana dari zakat dan sedekah yang dikumpulkan di Badan Amil Zakat (BAZ) melalui Unit Pengumpul Zakat di masing-masing kecamatan.

“Besarannya Rp 100 ribu, tapi pemberiannya per bulan atau per triwulan nanti dikomunikasikan lagi. Dananya dari zakat dan sedekah, tidak dari APBD. Saya harap bisamembantu warga yang benar-benar miskin,” katanya.(isl)

Comments

comments