Mulai Hari Ini, Bulog Gelar Pasar Murah

0
248

CIANJUR, patas.id – Perum Bulog Subdivre Cianjur menggelar operasi pasar murah (OPM) mulai Rabu (17 Mei 2017) siang. Harga kebutuhan dalam OPM yang lebih rendah dibandingkan harga pasaran diyakini mampu menekan harga di pasaran, terutama saat Ramadan nanti.

Kepala Perum Bulog Subdivre Cianjur, Rizaldi, mengatakan, kegiatan tersebut akan digelar sampai menjelang Idul Fitri dengan tujuan melakukan gerakan stabilitas harga pangan, meningat menjelang Ramadan dan Idul Fitri harga bahan pokok kerap melonjak.

“Makanya kami antisipasi dengan kegiatan OPM. Terbukti ketika ada OPM, harga pangan yang melonjak berangsur turun,” kata dia.

Dia mengungkapkan, di awal OPM, pihaknya menyiapkan stok daging sapi beku sebanyak 400 kilogram, beras dengan ukuran masing-masin lima kilogram sebanyak 1,7 ton, gula pasir sebanyak 231 ton, minyak sebanyak 1.860‎ liter, bawang merah 1 ton, dan bawah putih sebanyak 2,9 ton.

“Terkait harga, pasti lebih rendah dibandingkan di pasaran. Misalnya daging sapi hanya Rp 80 ribu per kilogram, padahal di pasaran di atas Rp 100 ribu per kilogram. Tujuannya tentu agar harga tetap normal.”

Menurutnya, setiap orang tidak dibatasi untuk membeli kebutuhan pokok di OPM yang digelar di Kantor Bulog ataupun di lokasi lainnya yang direncakan juga akan dibuka di RPK (rumah pangan kita) serta Polres atau bahkan sampai polsek.

“Rencananya buka di banyak titik, pembelianya tidak dibatasi, namun tetap harus sewajarnya. Kalau beli dalam jumlah banyak tentu kita tidak terima apalagi puluhan kilogram. Kan dikhawatirkan mereka beli unuk dijual lagi dengan harga tinggi, sementara kami mengupayakan pengendalian harga,” katanya.

Dia menambahkan, OPM akan digelar setiap hari, mulai pagi sampai sore. Untuk hari pertama, tingkat pembelian masih belum banyak, namun mendekat Ramadan diperkirakan ada penambahan.

“Kemungkinan sepekan menjelang Ramadan akan banyak yang datang, makanya kami persiapkan untuk buka setiap hari. Kami harap menjelang hari besar umat Islam, tidak ada lonjakan harga.”

Wiwin (65 tahun) salah seorang pembeli mengaku dia baru pertama beli ke OPM. Harga yang jauh dibandingkan di pasar membuat dia tergoda untuk membeli kebutuhan pokok di Kantor Perum Bulog tersebut.

“Ya kan harganya murah, jadi beli. Kalau sampai Ramadan, pasti akan sering ke sini. Apalagi kan di pasar sering naik harganya, jadi cari yang lebih murah,” katanya.(isl)

Comments

comments