Menjelang Ramadan, Sejumlah Supermarket Didatangi Petugas Gabungan

0
265

CIANJUR, patas.id – Sejumlah supermarket dan toko modern di Cianjur didatangi puluhan anggota polisi dan pegawai dinas di lingkungan Pemkab Cianjur, Jumat (12 Mei 2017) siang. Petugas yang datang merupakan tim gabungan dari Polres Cianjur, Dinas Koperasi UMKM Perindustrian ‎dan Perdagangan, Dinas Kesehatan, Satpol PP Kabupaten Cianjur, dan Perum Bulog Subdivre Cianjur.

Mereka dibagi dalam tiga tim‎, yakni tim A, B, dan C yang menyasar supermarket berbeda. Setiap sudut supermarket disisir, salah satunya Hypermart. Mulai dari produk minuman, makanan ringan, sayur, buah, hingga produk lainnya diperiksa masa kadaluarsanya.

Berdasarkan pantauan patas.id, ada beberapa produk kadaluarsa yang dibawa dalam kereta belanja, seperti sambal, susu, mayonaise, dan lainnya.

BACA: Makanan Tak Layak Konsumsi Masih Dipajang di Supermarket

Kepala Diskoperindag Kabupaten Cianjur, Himam Haris, menuturkan, agenda sidak ini dilakukan lantaran instruksi dari pusat untuk memeriksa setiap supermarket.

“Jadi menjelang Ramadan, setiap produk harus diperiksa, dikhawatirkan ada yang kadaluarsa.”

Menurutnya, produk kadaluarsa akan disita, sementara yang masa kadaluarsanya sebentar lagi diimbau untuk disimpan dan selanjutnya dimusnahkan.

BACA: Bahaya Makanan Kadaluarsa Menurut Dinkes Cianjur

“Kalau ditemukan yang kadaluarsa, pihak penanggung jawab akan dibawa oleh PPNS untuk dimintai keterangan, sebab menjual produk kadaluarsa itu melanggar aturan,” ujar Himam menutup wawancara. ‎(isl)

Comments

comments