Wabup Datangi Rumah Ferry Pemalsu KTP

0
175

CIANJUR, patas.id – Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman mendatangi rumah Ferry Alamsyah (27 tahun), pelaku pemalsuan e-KTP di Gang Pangrango Kelurahan Sawahgede Kecamatan Cianjur, Jumat (28 April 2017).

Didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Moch Ginanjar dan Lurah Sawah Gede Kecamatan Cianjur, Indra Senggara, orang nomor dua itu meninjau langsung alamat dari pelaku yang ditangkap Polda Jabar belum lama ini.

Di rumah pelaku, Herman hanya bertemu dengan ibu pelaku, Khodijah (65 tahun). Selama beberapa belas menit, dia berbincang dengan ibu pelaku terkait kondisi anaknya yang ditangkap jajaran Polda Jabar, tersebut.

Herman mengaku, prihatin dengan adanya warga Cianjur yang menjadi pelaku pemalsuan KTP. Menurutnyam perlu ada kewaspadaan dari warga dan upaya penyelidikan lebih lanjut dari aparat hukum agar tidak ada lagi kasus serupa.

“Pihak kepolisian harus lebih hati-hati. Dinas dan seluruh instansi pun mesti semakin waspada dan memeriksa identitas penduduk supaya tidak ada pemalsuan lainnya.”

Menurutnya, Pemkab juga mengeluarkan surat imbauan kepada seluruh Camat dan Kepala Desa yang nantinya diteruskan kepada warga untuk waspada dan tidak mudah tergiur dengan pembuatan yang mudah.

“Warga harus lebih hati-hati, jangan gunakan jasa orang lain kalau mau bikin KTP, datang langsung ke kantor kecamatan atau Disdukcapil.”

Kepala Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Moch Ginanjar, menuturkan bahwa tindak pidana tersebut merupakan kasus yang berat, sebab berdasarkan Undang-undang Nomor 24/2013 tentang Administrasi Kependudukan, pelaku pemalsuan bisa dikenakan pidana penjara maksimal 10 tahun dan denda Rp 1 miliar.

Untuk diketahui, bisnis ilegal pembuatan KTP yang Ferry Alamsyah praktekkan berhasil diungkap Polda Jabar. Ferry diciduk petugas Ditreskrimum Polda Jabar di kediamannya, Gang Pangrango, Desa Sawah Gede, Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur pada Selasa (11 April 2017) lalu.

“Tersangka melakukan pemalsuan surat berupa KTP di daerah Cianjur. Dia sebagai pembuat langsung KTP palsu itu,” ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolda Jabar. (isl)

Comments

comments