Jembatan Darurat Akan Dibangun Untuk Antisipasi Jalan Amblas

0
153

CIANJUR, patas.id – Pemerintah Kabupaten Cianjur bakal segera memperbaiki jembatan yang amblas di di Kampung Sukanagalih RT 05/ RW 05 Desa Sukanagalih Kecamatan Pacet. ‎Perbaikan jalan dan jembatan yang diperkirakan akan menghabiskan dana sekitar Rp 200 juta itu selesai dalam dua bulan.

‎Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan bahwa perbaikan jalan yang berstatus jalan kabupaten itu sudah mulai dijalankan sejak Selasa (25 April 2017).

“Saya mendengar sejak pembangunan tidak kunjung ditangani, makanya langsung dicek ke lokasi dan diinstruksikan pada Dinas untuk langsung melajukan perbaikan.”

BACA: Amblas Jalan ke Kota Bunga Semakin Lebar, Wisatawan Diimbau Batalkan Liburan

Menurut Herman, saat dirinya meninjau lokasi, ternyata tidak hanya badan jalan dan bagian tanah yang amblas terkikis arus sungai, namun pondasi jembatan juga ikut amblas sehingga butuh penanganan serius.

“Makanya butuh waktu dua bulan. Tapi dengan tanah yang amblas selebar 2 meter dan panjang 8 meter, anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 200 juta.”

‎Menurutnya, untuk sementara waktu di jalan yang amblas tersebut akan dibangun jembatan darurat supaya bisa dilalui kendaraan kecil sementara kendaraan besar yang tidak bisa melintas dapat mengabil jalur alternatif. Momentum libur panjang dijamin Herman tidak akan jadi hambatan, sebab ada jalur alternatif dan jembatan darurat.

“Dua sampai tiga hari ke depan sudah bisa dipakai.”

Selain itu, lanjut Herman, Dinas yang menangani jembatan sudah diinstruksikan untuk memeriksa kondisi jembatan di Cianjur. Hal itu dilakukan supaya tidak ada kejadian serupa yang dapat menghambat akses transportasi warga.

“Lebih baik mencegah dan merawat daripada memperbaiki atau membangun lagi. Biayanya lebih mahal, makanya diantisipasi sejak ini,” katanya. (isl)

Comments

comments