Tenang, Bakal Ada Operasi Pasar Jelang Ramadan dan Idul Fitri

0
156

CIANJUR, patas.id – Perum Bulog Subdivre Cianjur dan Dinas Koperasi UMKM Peridustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Cianjur, bakal menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) menjelang Puasa dan Idul Fitri untuk mengantisipasi lonjakan harga. Selain itu, Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk sejumlah komoditi bakal ditetapkan.

Kepala Perum Bulog Subdivre Cianjur, Rizaldi, mengungkapkan, pihaknya sudah menggelar rapat dengan Pemkab Cianjur mengenai upaya pengendalian harga menjelang Ramadan dan Idul Fitri, pekan lalu. OPM pun jadi solusi untuk menekan lonjakan harga.

“Jadi akan ada dua kali OPM, sepekan sebelum munggah (memasuki Ramadan) dan
sepekan menjelang Idul Fitri,” kata dia.

Menurutnya, ada beberapa komoditi yang dijual pada saat OPM, yakni beras, minyak, gula pasir, daging sapi, dan lainnya. Harga yang ditawarkan pun akan lebih rendah dibandingkan harga di pasaran.

“Untuk daging sapi, kami berikan daging sapi beku. Harganya tentu di bawah harga pasaran, supaya bisa menekan harga di luaran dan tidak jauh dari harga yang kami tawarkan,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, Bulog juga akan menjaring petani supaya tetap mempertahankan harga dan menjual ke Bulog atau Pemkab. Hal itu dilakukan supaya tidak ada distributor atau bandar yang mempermainkan harga.

“Nanti akan kami kerja samakan bersama Pemkab dan petani, sehingga jalurnya bisa pendek dan harga tidak melonjak. Kasian pembeli kalau ada kenaikan harga akibat ulah dari bandar dan distributor nakal ini,” katanya.

Kepala Diskoperindag Kabupaten Cianjur, Himam Haris, menuturkan, menghadapi Ramadan dan Idul Fitri, pihaknya juga telah merumuskan jadwal pengendalian harga. Pemenuhan stok barang seperti sembako, sayur, dan lainnya juga dilakukan.

“Kami upayakan stok tiga kali dibandingkan hari biasa, supaya tidak ada kekosongan dan kenaikan harga bisa ditekan,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, Diskoperindag bakal mendata pusat makanan serta memanggil peternak serta bandar untuk menentukan HET bagi sejumlah komoditi.

“Nanti komoditi yang seringkali melonjak akan ditentukan HET-nya. Semoga dengan cara seperti itu, harga saat Ramadan dan Idul Fitri bisa stabil,” pungkasnya.(isl)

Comments

comments