Jelang Ramadan, Harga Jengkol Ikut-ikutan Naik

0
190

CIANJUR, patas.id – Harga Jengkol mengalami kenaikan. Bahkan sekarang harganya sudah mencapai Rp 45 ribu sampai Rp 50 ribu per kilogram. Kenaikan itu diperkirakan bakal terus terjadi hingga Idul Fitri, mendatang.

Hendra Setiawan (33) salah seorang pedagang jengkol di Pasar Induk Pasirhayam (PIP), mengungkapkan, harga jengkol umumnya di angka Rp 20 ribu per kilogram, namun sejak sebulan lalu merangkak naik hingga di Rp 45 ribu per kilogram.

“Beberapa pedagang ada juga yang jual jengkol dengan harga Rp 50 ribu per kilogram. Permintaan memang banyak, makanya terus naik,” kata dia.

Menurutnya, menjelang Idul Fitri, permintaan jengkol akan semakin tinggi, sehingga harganya bisa lebih tinggi lagi, yakni di atas Rp 70 ribu per kilogram.

“Memang jengkol menurut orang mengeluarkan bau yang kurang enak, tapi tetap saja permintaan tinggi, apalagi menjelang Idul Fitri. Harga juga bisa naik sampai Rp 70 ribu per kilogram atau bahkan lebih,” katanya.

Dalam sehari, lanjut dia, permintaan jengkol menjelang Ramadan dan Idul Fitri mencapai 100 kilogram dari hari biasanya hanya 80 kilogram per hari.

“Saya ambil stok dari Bandung dan Jakarta. Biasanya nanti bandar mainin harga, makanya naik. Kalau stok cukup, tapi kan kalau dari bandar mahal saya juga terpaksa naikan harga, kecuali ada penekanan harga,” katanya.(isl)

Comments

comments