Rencana Pembenahan Perpusda Cianjur Untuk Tingkatkan Minat Baca

0
218
2014FD47_0335.dng

CIANJUR, patas.id– Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cianjur akan melakukan pembenahan untuk perpustakaan daerah. Di samping sekedar menambah jumlah buku, penggunaan teknologi dan desain unik akan diterapkan guna meningkatkan minat baca warga ke perpustakaan.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cianjur, Rika Ida Mustikawati, mengatakan, minat warga ke Perpustakaan memang minim, apalagi dengan kemajuan teknologi dimana informasi dapat lebih mudah diakses. Namun dirinya ingin buku tetap menjadi referensi utama.

“Tahun ini programnya bagaimana minat baca di perpustakaan meningkat dan peran buku tak tergantikan, sebab kalau dalam buku, hak cipta seseorang akan lebih dihormati.”

Menurutnya, penataan perpustakaan daerah akan dibuat menarik, dimana ada ruangan khusus untuk beberapa pengetahuan, salah satunya mengenai sejarah Cianjur. Sebuah ruangan khusus akan disediakan dan dipenuhi informasi seputar Cianjur dengan konsep yang artistik.

“Jadi ketika membaca di sana akan lebih nyaman sebab konsepnya unik. Teknologi pun akan digunakan. Dengan begitu diharapkan perpustakaan dapat membuat warga mau datang sebab konsep yang antimainstream.”

Khusus untuk siswa SD dan SMP, lanjut Rika, akan disediakan sarana bermain dan berkumpul. Sementara bagi siswa SMA/SMK dan mahasiswa bakal disediakan sarana diskusi untuk membedah ilmu dan pengetahuan. “Dengan begitu aktivitas di perpustakaan tidak akan monoton.

Menurut Rika, pihaknya juga akan mengajukan kerjasama dengan setiap perusahaan, bank dan lembaga lainnya dalam menyumbang perpustakaan dalam penataan, baik itu buku, komputer, ataupun lainnya.

“Bupati Cianjur juga menyarankan agar tidak bergantung pada anggaran, tapi berkonsep membangun bersama dari kepedulian. Saat ini buku ada 7.000 buku, tahun ini pun hanya menambahkan 1.000 buku. Tapi kalau ada yang menyumbang, jumlahnya bisa lebih banyak lagi, dan itu yang akan dlakukan saat ini.”

Seperti pernah diberitakan dalam patas.id sebelumnya, di masa mendatang Rika merencanakan membuka perpustakaan di akhir pekan, pasalnya banyak permintaan dari warga agar perpustakaan bisa buka setiap hari. Namun pihaknya harus menyiapkan terlebih dahulu pustakawan, sebab jumlahnya saat ini masih minim.

BACA: Perpusda Akan Dibenahi dan Tetap Buka Saat Akhir Pekan

“Memang ada rencana di akhir pekan juga buka, namun butuh proses. Ke depan pasti akan dilakukan, sebab itu kebutuhkan. Apapun akan dilakukan supaya minat baca warga lebih tinggi dan perpustakaan lebih ramai lagi,” tutup. (isl)

Comments

comments