Pemkab Harus Sediakan Sarana dan Prasarana Baca Untuk Warga

0
138

CIANJUR, patas.id – Pemerintah Kabupaten Cianjur diharapkan mampu mengoptimalkan keberadaan Perpustakaan Daerah. Diskusi bersama komunitas baca pun dinilai bisa jadi upaya untuk menjadikan perpustakaan milik Pemkab itu menarik bagi para pembaca dan meningkatkan minat baca warganya.

“Minat baca warga bisa meningkat, apalagi Pemda sudah punya perpustakaan daerah. tinggal dioptimalkan. Cara-cara agar menarik, ya diskusi dengan komunitas, apa yang diperlukan dan butuh dilakukan,” ujar Haris Martakusumah, warga sekaligus Ketua Penyelenggara Bagi-bagi Buku Gratis dari sejumlah komunitas di Cianjur.

Dia mengatakan, minat baca warga Cianjur masih belum bagus. Mayoritas penunjung taman Prawatasari yang berpartisipasi dalam bagi-bagi buku gratis pun masih kurang dalam hal membaca, padahal baca buku banyak manfaat, terutama terkait wawasan.

“Beberapa orang mengaku suka baca, ada juga orangtua yang tidak lagi sempat membaca jadi anaknya yang didorong untuk membaca, tapi ada juga yang sama sekali tidak suka membaca.”

Melihat kondisi tersebut, lanjut Haris, Pemerintah Kabupaten Cianjur harus lebih peka dengan menyediakan sarana dan prasarana yang baik untuk warganya. Namun, sarana yang disediakan harus yang dibutuhkan tanpa mengganggu aktivitas membaca. Maka dari itu, diskusi terbuka bersama komunitas baca perlu dilakukan.

“Jangan sampai nanti apa yang disediakan malah tidak memberikan dampak apapun. Sayang juga kalau perpustakaan daeraeh tidak bisa bermanfaat banyak bagi warganya, apalagi kalau tidak bisa meningkatkan minat baca,” ucapnya. (isl)

Comments

comments