Amblas Jalan Menuju Kota Bunga Semakin Lebar, Wisatawan Diiimbau Batalkan Liburan

0
218

CIANJUR, patas.id – Jalan dan jembatan di Kampung Sukanagalih RT 05/ RW 05 Desa Sukanagalih Kecamatan Pacet yang menjadi jalur menuju Kota Bunga, amblas. Akibatnya, akses menuju destinasi unggulan di Cianjur itu terputus.

Berdasarkan informasi yang dihimpun patas.id, bagian jalan yang menyatu dengan jembatan Galaxi yang berada di atas aliran Sungai Cirumpak Baya itu awalnya amblas dengan ukuran kecil, pada Kamis (20 April 2017) sore.

Namun pada Jumat (21 April 2017) pagi sekitar pukul 09.00 WIB, jalan yang amblas semakin lebar bahkan sempat membuat pengendara terposok dan jatuh. Kondisi tersebut diungkapkan oleh KBO Lantas Polres Cianjur, Iptu Muhaemin saat dihubungi melalui telepon seluler.

“Kemarin amblas, tapi sedikit. Tadi pagi kami dapat informasi lagi ternyata bagian yang amblas makin lebar. Sekarang sampai lebarnya 2 meter, panjangnnya 7 meter dan kedalaman 3 meter.”

Menurutnya, jalan yang amblas membuat akses menuju Kota Bunga tertutup. Adapun jalur alternatif hanya bisa dilalui kendaraan kecil, sementara bus tidak bisa melintas. Selain jalur alternatif pertama melalui Kampung Sukanagalih keluar ke Pasar Cibadak, ada juga jalur alternatif melalui Pacet (Pegadaian).

Sayangnya, jalur alternaif kedua juga tidak dianjurkan dilalui kendaraan besar, sebab jalurnya yang ekstrem, mulai dari tikungan hingga turunan yang curam. Dikhawatirkan ketika jalur dilalui bakal menimbulkan kecelakaan.

“Jadi kedua jalurnya tidak direkomendasi untuk kendaraan besar. Kalau sepeda motor dan minibus bisa saja, kalau bus mungkin lebih baik jangan. Daripada mengakibatkan kecelakaan.”

Muhaemin menambahkan, para wisatawan lokal ataupun domestik diimbau untuk tidak berwisata dulu ke Kota Bunga, selama jalur diperbaiki. “Memang jadi masalah juga, sekarang ada dua hari libur, wisatawan tentu jadi banyak. Tapi akses sulit, lebih baik cari destinasi lain atau pakai kendaraan berukuran kecil,” katanya.

Menurutnya, polisi akan menjaga sejumlah titik masuk untuk memberikan imbauan. Pihaknya juga mendorong pemerintah daerah segera memperbaiki akses jalan tersebut. “Belum ada dari Dinas sampai sore ini. Saya dorong segera dituntaskan supaya tidak menghambat akses menuju kawasan wisata,” pungkasnya. (isl)

Comments

comments