Di Lapas Cianjur, Tak Sulit Mencari Napi yang Fasih Mengaji

0
192

CIANJUR, patas.id – Sebanyak 120 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Cianjur mengikuti hatam Al-Qur’an serentak di seluruh pemasyarakatan di Indonesia, Kamis (20 April 2017).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Cianjur, Yunianto, mengatakan, berdasarkan instruksi dari pusat, menghadapi Hari Ulang Tahun (HUT) Pemasyarakatan ke-53, para penghuni Lapas dijadwalkan mengikuti pembacaan Al-Qur’an hingga hatam.

“Kegiatan dimulai dari pukul 09.05 WIB dan selesai pukul 09.45 WIB. Alhamdulillah, sudah selesai,” ujarnya saat ditemui di Lapas Cianjur usai kegiatan. Menurutnya, dengan waktu hanya 40 menit, setiap napi ada yang kebagian membaca surat, ada juga yang per juz. Hal itu dilakukan supaya mencukupi waktu yang diberikan.

“Jadi setiap napi itu dibagi-bagi berdasarkan surat dan juz. Yang memandunya langsung dari Jakarta, soalnya kan serentak se-Indonesia.”

Metode pembinaan di Lapas yang mengedapankan pendidikan agama dan pondok pesantren, lanjut Yunianto, membuat pihaknya tidak kesulitan mencari 120 napi yang sudah fasih melantunkan ayat suci Al-Quran.

“Alhamdulillah, meskipun jadwalnya dadakan atau baru beberapa hari lalu, kami tidak sulit mencari napi yang fasih mengaji, soalnya kan di lapas ini berbasis pesantren.”

Yunianto berharap dengan berjalannya pendidikan pesantren tersebut, para napi di lapas Cianjur lebih terbina lagi. “Kami juga terapkan pendidikan agama sesuai kemampuan, setelah itu ada pengarahan untuk menggeluti profesi yang sesuai dan aktivitas positif lainnya. Jadi begitu keluar dari lapas, mereka diharapkan bisa kembali ke lingkungannya dengan pribadi yang lebih positif,” pungkasnya. (isl)

Comments

comments