Video Ngangon Munding Tahun 1912

0
226

PATAS.ID – Sedikit sekali dokumentasi mengenai kehidupan di jaman kolonial karena saat itu bangsa kita masih ketinggalan jauh dalam hal teknologi. Dokumentasi berupa naskah, rekaman, maupun video pada jaman tersebut banyak yang masih menjadi koleksi museum-museum dan lembaga Belanda, belum dikembalikan pada bangsa kita.

Meski begitu, sebuah video yang menjadi koleksi Eye Film  bisa menjadi petunjuk mengenai tradisi dan adat istiadat yang berlaku di jaman kolonial. Salah satunya adalah video yang diambil oleh JC Lamer pada tahun 1912 di bawah ini.

Dalam video yang berjudul “Kehidupan Masyarakat Pribumi di Pedesaan” berdurasi 95 detik tersebut nampak serombongan anak-anak Indonesia dengan ikat kepala (bendo) yang sebagian bertelanjang dada, sementara sebagian lagi memakai baju. Mereka adalah para penggembala kerbau atau tukang ngangon munding yang menggiring kerbau mereka menuju sungai untuk dimandikan.

Meskipun hidup pada jaman penjajahan, anak-anak pribumi itu nampak riang gembira. Sebagian dari mereka dengan berani melompat ke punggung kerbau dan ikut mandi di sungai dengan kerbau-kerbau mereka.

Dalam film yang dibuat untuk ditonton orang-orang Belanda itu, JC Lamer memberikan keterangan mengenai kegiatan yang sedang dilakukan. Patas menerjemahkan dan mengunggah video tersebut untuk pembaca, hitung-hitung nostalgia. (cho)

Comments

comments