Naik Turun Harga Sayuran di Pasar Cipanas

0
289

CIANJUR, patas.id – Harga sejumlah sembako dan bahan pokok lainnya di Pasar Cipanas, Kabupaten Cianjur, hingga Selasa (18 April 2017) siang relatif stabil.

Menurut Kepala UPTD Pasar Cipanas Kusmiaji melalui Sub Bagian Tata Usaha, A Suganda, harga sembako dan bahan pokok lain cenderung stabil kecuali untuk sayur mayur jenis tomat yang mengalami naik turun harga.

“Kemungkinan besar karena diakibatkan faktor cuaca karena hingga kini curah hujan masih terus terjadi.”

Suganda mengungkapkan bahwa harga tomat yang beberapa hari sebelumnya hanya di kisaran Rp 8 ribu/kg, kini naik menjadi Rp 10 ribu/kg. Selain tomat, komoditas sayur mayur lainnya yang mengalami kenaikan harga yaitu kol dari sebelumnya Rp 5 ribu per/kg menjadi Rp 6 ribu/kg, cabai merah dan cabai merah TW dari Rp 25 ribu/kg menjadi Rp 30 ribu/kg, cabai tanjung dari Rp 32 ribu/kg menjadi Rp 35 ribu/kg, bawang putih dari Rp 35 ribu/kg jadi Rp 38 ribu/kg, bawang daun dari Rp 6 ribu/kg jadi Rp 7 ribu/kg, serta kentang lokal dari Rp 14 ribu/kg jadi Rp 15 ribu/kg.

“Sedangkan yang mengalami penurunan harga, seperti cabai rawit merah dari Rp 80 ribu/kg jadi Rp 60 ribu/kg, cabai rawit hijau dari Rp 40 ribu/kg jadi Rp 30 ribu/kg, bawang merah Sumenep dari Rp 55 ribu/kg jadi Rp 50 ribu/kg, serta seledri dari Rp 12 ribu/kg jadi Rp 10 ribu/kg.”

Suganda memperkirakan beberapa hari menjelang Ramadhan baru akan terjadi kenaikan harga, namun itu pun untuk jenis-jenis tertentu seperti daging dan beberapa sayur mayur lainnya yang biasa dipergunakan masyarakat buat kebutuhan selama di bulan puasa.

“Tapi biasanya saat menjelang pelaksanaan bulan puasa itu suka ada atau digelar pasar murah untuk menambah pasokan barang guna mengantisipasinya, selain itu ada pantauan di lapangan juga,” pungkasnya. (rud)

Comments

comments