Jembatan Cipamingkis Ambruk, Cianjur Kena Imbasnya

0
235

CIANJUR, patas.id – Jembatan Cipamingkis di Jalan Transyogi Cibubur-Cianjur Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, ambruk pada Kamis (13 April 2017) malam. Akibatnya, akses menuju Cianjur ataupun sebaliknya terhambat, terlebih saat libur akhir pekan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ambruknya jembatan penghubung kawasan Jonggol-Cariu itu terjadi sekitar pukul 23.00 WIB. Terjangan banjir yang sering terjadi, mengakibatkan tanah di bawahnya terkikis hingga akhirnya tiang penyangga jembatan ambruk.

“Kami dapat informasi dari Dishub Provinsi Jawa Barat kalau jembatan penghubung Bogor-Cianjur ambruk. Langsung petugas dari Dishub Kabupaten Cianjur diterjunkan ke lokasi untuk membantu,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Djoni Rozali melalui telepon seluler, kemarin.

Menurutnya, rekayasa lalu litas untuk mengantisipasi kemacetan di jalur tersebut sudah dilakukan, terlebih saat ini merupakan libur panjang, dimana volume kendaraan meningkat, sebab jalur utama puncak sangat padat.

“Untuk rekayasa lalu lintas, kami hanya membantu, sebab kewenangan utamanya di provinsi, kan jalurnya berstatus jalan provinsi. Rekayasa lalu lintas sudah dilakukan, meskipun kemacetan masih terjadi, namun sudah bisa sedikit diantisipasi,” katanya.

Dia mengatakan, ambruknya jalan tersebut berdampak besar bagi Cianjur, karena truk bermuatan tidak bisa melintas.

Sementara itu, lanjut dia, kendaraan kecil masih bisa melalui jalur alternatif. Yakni memutar melalui Cibarusah Desa Sirnajati ke Kampung Rawabogo Desa Weninggalih keluar jalan Transyogi.

“Alternatif kedua memutar melalui Kecamatan Sukamakmur-Gungung Batu Desa Sukaharja-Menteng Desa Sukadamai-Kampung Mengker Desa Sirnagalih Jalan Transyogi atau dari Gunung Batu arah ke Nyengcle Desa Selawangi Cariu,” katanya.

Dia mengharapkan, pembangunan kembali jembatan tersebut oleh Pemprov Jabar bisa segera diselesaikan, sebab jalur itu merupakan jalur vital bagi Cianjur menuju Jonggol maupun sebaliknya.(isl)

Comments

comments