Ridwan Kamil Bisa Jadi Nyagub Lewat Jalur Independen

0
178

BANDUNG, patas.id – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyatakan bahwa jalur independen bisa jadi menjadi pilihan baginya untuk mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur Jawa Barat.

Independensi Ridwan Kamil dalam Pilgub Jabar 2018 akan didukung sepenuhnya oleh Tim Relawan Baraya Ridwan Kamil (Barka) yang dikukuhkan Sabtu (1 April 2017) lalu di Bandung. Sebagai bentuk dukungan, Barka menjanjikan 2,5 juta KTP agar Emil bisa maju dari jalur independen atau perseorangan. Untuk diketahui, KPU Jabar mensyaratkan 2,21 juta KTP untuk maju dari jalur independen. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Barka, Budi Zaboer Irawan.

“Kami menargetkan 2,5 juta KTP yang nantinya bisa jadi bekal untuk maju sebagai syarat independen. Dengan target 85 ribu per kabupaten/kota kita yakin bisa terkumpul.”

Ridwan Kamil maju mendeklarasikan dirinya maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 pada Minggu (19 Maret 2017) lalu di Bandung. Dalam deklarasi tersebut, Ridwan Kamil didukung oleh Partai NasDem yang hanya memiliki 5 kursi di legislatif. Dengan kata lain, untuk maju melalui partai, Ridwan Kamil harus berkoalisi dengan partai lain.

BACA:  Ridwan Kamil Deklarasikan Diri Maju dalam Pilgub 2018

Saat memberikan dukungannya terhadap Ridwan Kamil, NasDem memberikan 3 syarat politik, yakni: 1) Harus menjadikan Jawa Barat sebagai benteng Pancasila yang melindungi seluruh warga masyarakat; 2) Harus menjadi milik seluruh masyarakat Jawa Barat dan seluruh parpol yang ada; serta 3) Harus mampu mengkonsolidasikan roda pemerintahan Jawa Barat dan mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Banyak followers Ridwan Kamil yang menyesalkan pencalonan dirinya melalui NasDem. Hal tersebut bisa dilihat dari Fanspage Ridwan Kamil di Facebook. Sebagian dari mereka berpendapat bahwa Kang Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil, sebaiknya maju melalui jalur independen.

Barka sendiri menyatakan bahwa Jawa Barat butuh sosok pemimpin inovatif. Perubahan yang ada di Kota Bandung saat ini menurutnya dibutuhkan juga untuk dibawa ke Jawa Barat.

“Kami ingin Jabar bisa lebih baik. Kami pun berharap beliau (Ridwan Kamil, red) maju di independen.”

Ridwan Kamil menyampaikan apresiasinya kepada para relawan yang telah memberi dukungan untuk maju lewat jalur independen. “Mana aja yang sampai pas menjelang hari H, kalau ternyata independen siap, partainya tidak ada yang mau, tidak cukup (kursi), ya kita gunakan mana yang paling baik,” ujarnya di Pendopo Kota Bandung Jawa Barat, Rabu (5 April 2016) kemarin. (cho)

Comments

comments