Digelar Hingga 3 Sesi, Kadis Jamin Tak Ada Kebocoran UNBK

0
189

CIANJUR, patas.id – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat‎, Ahmad Hadadi, menjamin tidak ada kebocoran soal dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), meskipun di beberapa sekolah digelar dalam tiga sesi.

“Soal kan langsung dari pusat, tidak akan muncul sebelum login. Bahkan guru pengawas sekalipun tidak tahu soal apa yang muncul,” ujar dia saat dihubungi melalui telepon, Senin (3 April 2017).

Menurutnya, soal pun diberikan secara acak kepada siswa. Meskipun satu ruangan, soal tidak akan sama. Termasuk, ketika digelar dalam beberapa sesi, baik pagi, siang, ataupun sore.

“Dipastikan tidak sama. Paket soalnya ada berapa juga tidak tahu. Dengan sistem komputer ini memang tingkat kebocoran soal semakin kecil.”

Senada, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Cianjur, Ida Yuniati Surtika, mengatakan‎,‎ kebocoran soal akan sulit terjadi, dalam pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) sekalipun, soal yang diberikan masing-masing berbeda antar peserta.

“Berkaca dari tahun lalu, memang tidak ada kebocoran soal. Setiap peserta berbeda, baik yang satu kelas ataupun beda sesi. Siswa juga didorong agar mengerjakan dengan kemampuan sendiri, apalagi kini UN tidak jadi patokan kelulusan, sehingga tidak perlu khawatir dengan nilai akhirnya nanti,” ucapnya. (isl)

Comments

comments