Festival Kael: Lelaki Terbuncit Adalah Lelaki Paling Seksi

0
250

PATAS.ID – Warga Suku Bodi di wilayah selatan Ethiopia memiliki tradisi tahunan yang unik, yakni mengadakan Festival Kael untuk memperingati tahun baru mereka. Dalam festival tersebut, lelaki yang memiliki perut terbuncit dianggap yang paling menarik dan seksi.

Enam bulan sebelum Festival Kael dimulai, para peserta akan sengaja membuncitkan perut mereka dengan hanya mengonsumsi susu dan darah sapi. Agar upaya mereka maksimal, mereka juga menjauhi hubungan seks yang dianggap bisa menguruskan badan, serta tidak bekerja. Pendeknya, mereka dimanjakan oleh keluarga mereka. Tak heran jika sebagian besar anak lelaki Suku Bodi bercita-cita menjadi peserta Festival Kael.

Di hari Festival, tubuh peserta akan dilumuri oleh tanah liat dan debu. Sebagian di antara mereka biasanya juga bergaya dengan memakai hiasan kepala bulu kalkun. Peserta kemudian digiring untuk berjalan mengelilingi pohon suci yang ada di tengah perkampungan Suku Bodi untuk dikagumi dan dinilai oleh penduduk lain.

Pemenang Festival Kael adalah lelaki yang memiliki ukuran perut terbuncit. Pesona mereka di kalangan perempuan Suku Bodi akan meningkat. Pendeknya, lelaki terbuncit akan dianggap sebagai pahlawan keren. Festival kemudian ditutup dengan upacara pengorbanan sapi dan makan-minum. Sebagian peserta Festival kadang muntah-muntah dalam acara ini karena perut mereka yang sudah penuh menolak untuk diisi.

Meski menarik, festival tahunan Suku Bodi ini terancam punah karena banyak perusahaan besar “menjajah” Ethopia. Suku-suku tradisional serta tradisinya seringkali disingkirkan ke kamp-kamp pengungsian. (cho)

Comments

comments