Pasca Puting Beliung, Kades Cikondang Khawatirkan Pohon-pohon Tua

0
178

CIANJUR, patas.id – Kepala Desa Cikondang Kecamatan Cibeber, Yana Mulyana, mengaku masih khawatir terjadi puting beliung di wilayahnya. Namun yang menjadi fokus perhatiannya adalah keberadaan pohon tua di wilayah Cikondang yang dikhawatirkan tumbang dan menimpa pemukiman atau warga yang melintas.

Menurutnya, dalam kejadian puting beliung di wilayahnya, Senin (27 Maret 2017) sore, sebanyak 32 rumah rusak terdiri dari 8 rumah rusak berat dan 24 rumah rusak ringan. Selain itu ada empat pohon besar yang tumbang dan menutup akses jalan desa.

“Yang kami khawatirkan bukan hanya merusak rumah, tapi membuat pohon-pohon tumbang. Kemarin saja ada empat yang tumbang dan menutup akses jalan. Butuh waktu berjam-jam sampai bisa normal lagi.”

Menurut Yana, ada beberapa pohon lagi di wilayah Desa Cikondang yang sudah tua dan rawan roboh. Sayangnya, warga tidak bisa bertindak menebang pohon tersebut untuk mengantisipasi tumbang dan menimpa warga yang melintas ketika angin kencang, sebab pohon tersebut merupakan milik pemerintah.

“Makanya kami minta pemerintah memperhatikan pohon-pohon tumbang tersebut, selain membantu warga yang rumahnya rusak akibat puting beliung. Kalau sewaktu-waktu roboh dan menimpa pengendara atau warga yang melintas, kan bahaya,” tuturnya.

Yana mengaku telah mengajukan permohonan kepada Pemkab untuk menebang pohon tersebut, namun belum ada tanggapan hingga sekarang. “Sudah diajukan, tapi hingga sekarang belum dipangkas atau ditebang,” keluhnya.

BACA: Saling Lempar Tanggung Jawab Pohon Tumbang

Kepala Dinas PUPR, Dedi Supriadi, menjelaskan bahwa penanganan pohon tumbang kini memang kembali ke PUPR, setelah sekian lama dialihkan ke Dinas Kehutanan dan Perkebunan.

“Kalau dulu kan di Dishutbun, sekarang di PUPR. Tapi kami limpahkan ke Balai, jadi untuk pemangkasan dan penanganan ada di Balai.”

Sementara itu Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, mengatakan, tanggung jawab penuh untuk pohon tumbang tidak ada pada instansinya. Namun jika tak kunjung ditangani, pihaknya akan turun tangan untuk membersihkan badan jalan dari material pohon tumbang. “Kalau tidak ada yang menangani ya kami akan turun tangan. Tinggal laporan saja,” pungkasnya. (isl)

Comments

comments