Saat Daftar Facebook, Kita Mengijinkan Orang Lain Menggunakan Informasi Facebook Kita, Lho!

0
192

PATAS.ID  – Belakangan banyak beredar pesan berantai yang disalin menjadi status dengan isi kurang lebih semacam ini:  “Dengan ini saya menyatakan bahwa saya tidak mengijinkan siapapun untuk menggunakan foto dan informasi di akun Facebook saya ke media apapun…” dan seterusnya.

Sekilas, status tersebut nampak wajar. Namun, ada satu hal yang tidak kita sadari. Ketika kita menggunakan Facebook, sebenarnya kita telah mengijinkan foto dan informasi kita dipakai oleh pihak manapun karena ini adalah perjanjian yang kita setujui dengan Facebook. Isi perjanjian ini jarang sekali diketahui karena kita malas membaca. Jadi, sebenarnya percuma saja kita melarang orang lain menggunakan foto dan informasi kita, karena kita sendiri telah mengijinkannya.

Isi perjanjian tersebut terdapat di bagian bawah akun Facebook kita, yakni dalam Ketentuan/Terms. Jika kita membuka Ketentuan tersebut, kita bisa membuka Statement of Rights and Responsibilities atau Pernyataan Hak dan Kewajiban. Pada Pernyataan Hak dan Kewajiban poin 2, kita dengan jelas bisa membaca:

2. Apabila Anda menerbitkan konten atau informasi menggunakan pengaturan Publik, artinya Anda mengizinkan semua orang, termasuk orang-orang di luar Facebook, untuk mengakses dan menggunakan informasi tersebut, dan mengaitkannya dengan Anda (yaitu nama dan foto profil Anda).

Dengan kata lain, ketika kita memiliki akun Facebook, kita sudah setuju nama dan informasi kita (termasuk foto, isi status, dan lain-lain) dipergunakan oleh orang lain, suka atau tidak suka, untuk kebaikan atau kejahatan. Hal tersebut juga dapat kita lihat dalam Ketentuan bagian Data Policy atau Kebijakan Data pada pertanyaan How Is This Informastion Shared/Bagaimana Informasi Ini Dibagikan? Pada bagian tersebut, Facebook dengan jelas menyebutkan bahwa:

Informasi Publik adalah informasi yang Anda bagikan kepada pemirsa publik, serta informasi Anda di Profil Publik Anda, atau konten yang Anda bagikan di Halaman Facebook atau forum publik lainnya. Informasi publik tersedia untuk siapa saja, di dalam dan di luar Layanan kami, dan dapat dilihat atau diakses melalui mesin pencari online, API, dan media offline, misalnya televisi.

Dan bukan itu saja. Selain memperbolehkan orang lain menggunakan informasi kita, Facebook juga menyimpan informasi pembayaran kita.

Jika Anda menggunakan Layanan kami untuk pembelian atau transaksi keuangan (misalnya ketika Anda membeli sesuatu di Facebook, melakukan pembelian dalam game, atau memberikan donasi), kami mengumpulkan informasi tentang pembelian atau transaksi tersebut. Ini mencakup informasi pembayaran, seperti nomor kartu kredit atau kartu debit Anda dan informasi kartu lainnya, serta informasi akun dan autentikasi lainnya, serta rincian penagihan, pengiriman, dan kontak.

Patas.id banyak menuliskan tentang bahaya teknologi dan tips keselamatan bermedia sosial, terutama bagi anak-anak dan keluarga. Informasi dan data diri kita adalah sesuatu yang berharga, namun saat kita bergabung dengan media sosial (Facebook, Instagram, Twitter, Linkedin, dan lain-lain) atau menggunakan perangkat teknologi, artinya kita telah mengikatkan diri dengan pihak-pihak yang kecerdasannya melampaui kita.

BACA: Bagaimana Mengawasi Penggunaan Medsos Anak? Ini 12 Tips yang Berguna!

BACA: Faceebook Hadapi Gugatan Hoax di Jerman

BACA: Wikileaks Bocorkan Dokumen CIA, TV Samsung Dipasangi penyadap

Tak ada salahnya waspada, namun alangkah baiknya jika dibarengi dengan kebijaksanaan berteknologi yang merupakan syarat utama saat kita bergabung di dunia maya. Bacalah Ketentuan setiap kali kita bergabung dengan forum, grup, media sosial, atau mendaftar jadi anggota apapun, dan kenali perangkat teknologi yang kita gunakan. (cho)

Comments

comments