Tanpa Kasir, Pembeli Toko Roti Ini Membayar Sesuai Kejujuran Masing-masing

0
251
Pita at the souq on Khaled ibn al-Waleed street, in the old city of Nablus, West Bank

MEKKAH, patas.id – Sebuah toko roti di Mekkah memiliki gaya berjualan unik yang telah berlangsung selama satu setengah tahun. Di toko roti tersebut tak ada kasir tempat pembeli membayar belanjaan seperti pada umumnya. Pembeli hanya perlu memasukkan uang mereka ke dalam sebuah “trust box” setinggi pinggang.

Pemilik toko, Ghazi Hassan Tass, mengungkapkan bahwa awalnya, dia ingin mengetahui apakah orang-orang bisa dipercaya. Oleh karena itu, dia menyerahkan pembayaran belanjaan berdasarkan kejujuran pembelinya. Di toko tersebut, Ghazi tak memasang monitor atau kamera CCTV.

“Awalnya aku ingin mencoba gagasan ini: Bisakah kita mempercayai orang? Subhanallah, ternyata orang-orang terbukti bisa dipercaya. Dan bagi mereka yang tak mampu membeli, roti-roti di tokoku tersedia gratis.”

Ghazi bahkan tidak mengizinkan karyawan melirik atau mengintip perilaku pembeli dari ruangan produksi  di bagian dalam. Jadi pembeli bebas mengambil kantong, mengambil roti yang diinginkan, dan membayar dengan cara memasukkan uang ke dalam “trust box” atau kotak uang yang disediakan di tokonya.

Kotak uang bergembok tersebut dibuka Ghazi sebulan sekali. Dan menurutnya, jumlahnya biasanya pas dengan yang jumlah harga roti yang habis setiap bulan. Bahkan, toko rotinya mendapatkan peningkatan keuntungan sebesar 50% dibanding keuntungan tahun sebelumnya. Luar biasa. (cho)

Comments

comments