Superman Is Dead Tolak Permintaan Jokowi

0
195

PATAS.ID – Menciptakan lagu untuk kemudian dijadikan soundtrack presidensial mungkin dianggap sebuah kehormatan dan kebanggan bagi musisi lain, apalagi jika dibayar mahal. Namun tidak dengan lagu “Jadilah Legenda” milik band asal Bali, Superman Is Dead (SID). Baru-baru ini, SID menolak lagu tersebut untuk dijadikan soundtrack program “Jokowi Menjawab”.

BACA: Mau Bertanya Langsung Pada Jokowi? Begini Caranya!

Pencipta lagu “Jadilah Legenda” sekaligus drummer SID, Jerinx, memberikan pernyataan dalam akun Facebook pribadinya mengenai hal ini.

“Hampir saja jadi miliuner. Kid you not. We (SID) just said NO to the (team of) President of Indonesia. They sent us a request to use the song (which I wrote) ‘Jadilah Legenda’ for their campaign. It was a really good offer that could bring us lots of fortune. But humanity comes first. Unless there”s justice for the Kendeng revolution, we will not associate our band and our songs with the President.”

“Hampir saja jadi miliuner. Beneran. Kami (SID) telah mengatakan TIDAK pada (tim) Presiden Indonesia. Mereka mengirim permintaan untuk mempergunakan lagu (yang kuciptakan) ‘Jadilah Legenda’ untuk kampanye mereka. Itu tawaran yang bagus dan bisa membuat kami kaya. Tapi kemanusiaan harus didahulukan. Kecuali ada keadilan bagi revolusi Kendeng, kami takkan berbagi band dan lagu kami dengan Presiden (Jokowi, red),” demikian ungkap Jerinx.

Yang dimaksud dengan revolusi Kendeng oleh Jerinx adalah protes atas izin pembangunan pabrik semen milik PT Semen Indonesia. Band SID yang sering melanglang buana dan menggelar konser di Amerika Serikat tersebut merupakan simpatisan para petani Kendeng yang lahan garapan mereka akan dijadikan pabrik.

Dilansir Rollingstone Indonesia, Jerinx menambahkan bahwa dirinya menolak tawaran tersebut setelah melihat sikap Jokowi terhadap kasus Kendeng dan reklamasi Teluk Benoa yang diperjuangkan selama 4 tahun oleh puluhan desa-desa adat di Bali.

“Saya khawatirkan solidaritas saya terhadap Kendeng terdistorsi jika lagu yang saya tulis dipakai alat kampanye beliau. Saya juga menolak tawaran tersebut sebagai peringatan pada beliau jika saya/SID tidak akan selalu setuju atas kebijakan beliau. Contohnya, sikap ‘diam’ beliau terhadap penolakan reklamasi Teluk Benoa yang diperjuangkan selama 4 tahun oleh puluhan desa-desa Adat di Bali. Saya merasa beliau sudah saatnya untuk diingatkan,” tuturnya melalui aplikasi pesan.

“Saya bukan musisi istana.”

SID adalah band yang didirikan tahun 1995 dan memiliki fanbase yang luas. Lirik lagu “Jadilah Legenda” sendiri berisi kekaguman terhadap negeri, motivasi untuk maju, serta kuat bernafaskan nasionalisme. Tak heran jika Jokowi tertarik dengan lagu keren ini. (cho)

 

Comments

comments