Miliki Jantung Tersehat di Dunia, Gaya Hidup Suku Tsimane Ini Wajib Kita Tiru!

0
205

BOLIVIA, patas.id – Sebuah studi menunjukkan bahwa orang-orang Amazon suku Tsimane yang hidup di Bolivia memiliki jantung tersehat di dunia. Dari 705 warga Tsimana berusia di atas 40 tahun yang diperiksa, hanya 15% yang mengalami penyempitan pembuluh darah sementara di Amerika, 80% warga berusia di atas 40 tahun mengalaminya.

Penelitian yang sama juga membuktikan bahwa pada saat warga suku Tsimana mencapai usia 75 tahun, hanya sekitar 30% dari mereka yang menderita penyumbatan jantung, sementara di Amerika jumlahnya mencapai 80%. Di seluruh dunia, 45,4% kematian disebabkan oleh penyakit jantung di tahun 2012 dan semakin meningkat seiring bertambahnya jumlah penderita kegemukan/obesitas.

Mengapa jantung suku Suku Tsimane bisa begitu sehat? Rahasianya sederhana saja: mereka aktif secara fisik, tidak memakan makanan dan minuman yang mengandung gula dan lemak berlebih, hanya minum alkohol dan merokok pada saat tertentu, serta tidak mengonsumsi makanan-minuman kalengan/kemasan atau yang mengandung terigu. Tak heran jika tubuh warga uku Tsimane cenderung tegap, langsing, dan cenderung awet muda.

Suku Tsimane mengandalkan hidup dari bertani dan berburu. Setiap dari mereka aktif bergerak sejak kecil hingga 7 jam sehari. Rata-rata lelaki dewasa dari suku Tsimane berjalan sejauh 17 ribu langkah per hari, sementara perempuan dewasa rata-rata berjalan 16 ribu langkah per hari. Ini jauh melebihi target iklan-iklan hidup sehat yang “hanya” menyarankan kita berjalan 10 ribu langkah per hari. Tak heran jika jantung warga Tsimane yang berumur 80 tahun masih sama kuatnya dengan jantung manusia sehat berusia 50 tahun.

Suku Tsimane yang hidup di sepanjang sungai Maniqui berjumlah sekitar 16.000 orang atau sama dengan warga satu kelurahan/desa di Indonesia. Jika mereka bepergian, mereka berjalan kaki, mengayuh kano, atau mengendarai sepeda. Makanan utama mereka adalah beras yang mereka tanam sendiri. Jika ingin daging, mereka menangkap ikan di sungai atau berburu.

Sebelumnya, perempuan Jepang dianggap memiliki jantung tersehat di dunia. Namun hasil penelitian di kalangan Suku Tsimane, mengubah fakta tersebut. Dr. Gregory Thomas dari Long Beach Memorial Medical Center, salah seorang peneliti, mengaku takjub.

“Kebanyakan warga Tsimane hidup tanpa pernah mengalami masalah-masalah koroner atau jantung. Hal ini tak pernah dijumpai dalam penelitian manapun di seluruh dunia. Kami memeriksa pembuluh darah, kadar glukosa, kadar lemak, kadar kolesterol, dan mengukur tekanan darah mereka. Hasilnya, mereka adalah orang-orang tersehat di dunia.”

Meski begitu, Thomas mengakui bahwa gaya hidup sehat Suku Tsimane sangat sulit diterapkan di lingkungan manusia modern yang “manja” dan malas bergerak. “Namun setidaknya aku belajar bahwa jantungku ditentukan oleh apa yang kulakukan dan apa yang kukonsumsi. Jika aku secara fisik aktif dan memiliki berat badan ideal serta bisa menyingkirkan makanan kemasan, aku sudah bisa membantu jantungku agar tetap sehat,” pungkasnya. (cho)

Comments

comments