RSUD Cianjur Butuh Tambahan 19 Dokter Spesialis

0
281

CIANJUR, patas.id – RSUD Cianjur masih kekurangan 19 dokter spesialis. Sayangnya, tahun ini tambahan dokter spesialis ditempatkan di RSUD Cimacan, bukan di RSUD Cianjur.

Direktur Utama RSUD Cianjur, Ratu Tri Yulia, mengatakan bahwa saat ini jumlah dokter spesialis di RSUD Cianjur adalah sebanyak 30 orang. Namun idealnya dengan kondisi dan rencana peningkatan akreditasi seperti sekarang, dokter spesialis haru mencapai 49 orang.

“Jadi masih kurang 19 orang dokter spesialis, mau itu dokter anak, penyakit dalam, dan lainnya.”

Menurut Ratu, pihaknya sudah mengajukan penambahan dokter spesialis ke Kementerian Kesehatan. Namun yang terlebih dulu diakomodir ialah RSUD Cimacan dengan penambahan dokter spesialis sebanyak lima orang. “Pendaftarannya kan online, jadi se-Indonesia. Tiap tahun pasti kami ajukan. Tapi tahun ini tidak ada penambahan, tetap dengan komposisi yang sama,” ucapnya.

Ratu menambahkan bahwa pihaknya akan kembali mengajukan penambahan dokter spesialis di 2018 mendatang. Mesksipun nanti realisasinya tidak sesuai kebutuhan, pihaknya akan berkoordinasi dengan rumah sakit lain untuk memperbantukan dokter spesialisnya ke RSUD Cianjur.

“Ya, nanti koordinasi saja. Yang terpenting saat ini memaksimalkan dokter yang ada untuk pelayanan yang terbaik.”

Sementara itu Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman mengakui bahwa pelayanan di RSUD Cianjur memang perlu ditingkatkan, apalagi dengan adanya rencana RSUD CIanjur menjadi stroke center. Tenaga medis pun perlu ditambah untuk memenuhi kebutuhan dan pelayanan tersebut. “Kami harap di tahun depan ada penambahan dokter spesialis di RSUD Cianjur. Makanya pendaftaran juga harus dipercepat agar bisa mendahului RSUD lain se-Indonesia,” tuturnya. (isl)

Comments

comments