Urusan Parkir dan Sistem Satu Jalur di Wilayah Perkotaan Cianjur

0
155

CIANJUR, patas.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur memberlakukan sistem parkir baru. Jika biasanya jalur parkir di Jalan HOS Cokroaminoto berada di kanan, kini posisi parkirnya berpindah ke bagian kiri jalan.

‎Berdasarkan pantauan patas.id, parkir mobil di Jalan HOS Cokroaminoto tersebut mulai terlihat paralel, namun di beberapa titik masih ada kendaraan yang parkir menyerong seperti sebelumnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur Djoni Rozali mengatakan bahwa ketentuan itu sudah ditetapkan sejak pekan lalu dan diterapkan secara permanen. “Sudah berjalan seminggu, dan untuk seterusnya. Jadi tidak lagi parkir di kanan jalan, namun di kiri jalan, baik sepeda motor atau mobil,” ucap dia, Kamis (16 Maret 2017).

Selain jalan HOS Cokroaminoto, perubahan posisi parkir juga dilakukan di ruas jalan lain di wilayah perkotaan, seperti Jalan Ir H Juanda (Selakopi), Jalan Suroso, Jalan KH Hasyim Asyari, dan Jalan Mangunsarkoro.

“Semuanya jadi di bagian kiri saja. Memang masih ada yang membandel, parkir di kanan kiri jalan. Nanti kami akan koordinasi dengan Polres Cianjur agar langsung ditindak.”

Djoni mengungkapkan, adanya pengalihan itu dikarenakan pembangunan taman di samping trotoar jalan serta berkaitan dengan rencana penerapan satu jalur untuk ruas jalan di wilayah perkotaan.

“Kalau Jalan Mangunsarkoro dan HOS Cokroaminoto itu karena ada pembangunan dan karena posisi tamannya di kanan, jadi parkir dialihkan ke kiri supaya lebih rapi. Untuk selanjutnya, Cianjur akan menerapkan sistem satu jalur untuk seluruh wilayah perkotaan.”

Djoni berharap, selain parkir lebih tertata, ke depan kemacetan di wilayah perkotaan bisa diminimalisir. “Tujuan utamanya tentu untuk menekan kemacetan, apalagi jumlah kendaraan semakin banyak, makanya harus ada langkah antisipasi dengan sistem satu jalur,” pungkasnya. (isl)

Comments

comments