Wawan tak Ambil Pusing atas Keputusan Demokrat Jabar

0
207

CIANJUR, patas.id – Plt Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Cianjur, Wawan Setiawan, menanggapi santai terkait munculnya perdebatan Penggantian struktur kepengurusan DPC Demokrat Kabupaten Cianjur, terutama Plt Ketua DPC Demokrat Kabupaten Cianjur.

Seperti yang diketahui, Wawan ditunjuk menggantikan Plt sebelumnya, Hedi Permadi Boy. Dia menyebutkan, yang dikatakan oleh Ketua Komwasda DPD Partai Demokrat, Jawa Barat, Yan Rizal Usman tidak sepenuhnya benar, sehingga tidak perlu diperhatikan ataupun dijalankan.

“Yang kami jalankan saat ini adalah sepenuhnya keputusan DPP. Ini keputusan pusat. Kami hanya menjalankan. Yang dikatakan Yan Rizal itu tidak benar 100 persen,” katanya saat dihubungi melalui telepon seluler.

Dia menyebutkan, sistem partai yang dijalankan oleh Demokrat bersifat hirarki dan mengacu kepada keputusan yang diberikan oleh pengurus pusat. “DPD, DPC hingga anak ranting hanya menjalankan, yang memberikan kebijakan ataupun keputusan yang wajib dipatuhi adalah yang berasal dari pusat (DPP,red),” jelasnya.

Dia menyebutkan, Proses Musancab yang dipermasalahkan saat ini sudah jelas itu adalah pelanggaran, namun dia tidak mengiyakan hal tersebut dijalankan dalam sepengetahuan DPD. “Mau DPD atau apapun itu sudah jelas salah dalam aturannya, seharusnya kan Muscab dulu sebelum ada Musancab. Itu jelas salah,” tegasnya.

Dia menilai, yang dilakukan oleh Yan Rizal bersama jajarannya adalah sebuah bentuk kekecewaaan saja, dan tidak berdasarkan pada rujukan aturan yang telah diterbitkan dalam surat edaran bernomor 20 sebelumnya. “Itu hanya ungkapan kekecewaan,” ungkapnya.

Dia menekankan, semua anggota Partai Demokrat seharusnya mengetahui sistem hirarki yang dilakukian oleh Demokrat. Pemusatan keputusan serta aturan yang dilakukan oleh DPP, seharusnya dijalankan dan dihormati serta dipatuhi oleh seluruh anngota partai, mulai DPP hingga anak ranting.

“Jadi kembali lagi pada sistem perintah yang dijalankan itu adalah perintah yang berasal dari pusat, dan wajib patuh,” tegasnya.

Disinggung mengenai aksi gugatan yang dilakukan oleh Yan Rizal kepada Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang yudhoyono, dirinya tidak mau ambil pusing. Menurutnya hal itu bukan kapasitasnya untuk memberikan jawaban. Wawan menyerahkan persoalan tersebut kepada kedua belah pihak, dan tidak mengganggu pada amanat yang saat ini di embannya selaku pengurus DPC.

“Itu di luar kapasitas saya. Saya tidak ada kaitannya. Yang jelas saya ditunjuk berdasarkan surat yang ditandatangani Ketua umum dan saya hanya menjalankan itu. Kalau masalah tidak boleh karena dalam proses gugatan, itu dikembalikan lagi kepada pihak penggugat dan tergugat,” tutupnya.(isl)

Comments

comments