Ini Dia Fasilitas Baru Pemkab untuk Genjot RLS Hingga 8 Tahun

0
125

CIANJUR, patas.id – Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchar menuturkan bahwa Pemkab Cianjur tahun ini bakal menyediakan tiga unit bus keliling untuk memfasilitasi warga yang jauh dari sarana pendidikan. Bus tersebut juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran warga yang status pendidikannya rendah dan telah lanjut usia untuk kembali mengenyam pendidikan formal.

Menurutnya, saat ini sudah tersedia satu unit bus sekolah dengan ukuran tiga perempat. Mobil dengan warga kuning dan stiker Pemkab Cianjur itu terparkir di halaman Pendopo Cianjur.

“Tahun lalu sudah ada satu unit, dua unit lagi menyusul, sedang proses pengadaan.”

Menurutnya, bus tersebut akan berfungsi selayaknya Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), tempat mereka yang putus sekolah bisa melanjutkan pendidikan kesetaraan. “Makanya secara teknis juga nantinya bekerja sama dengan Pusat Kegiatan Belajar terdekat, dimana bus tersebut berada,” kata dia.

Irvan mengatakan, satu unit bus sekolah akan ditempatkan di Cianjur utara dan satu lagi di Cianjur selatan, sementara itu satu unit bus lainnya akan disiapkan untuk cadangan.

“Jika ada yang minta digelar pendidikan kesetaraan namun yang dua sedang padat jadwalnya, maka bus yang ketiga akan beroperasi.”

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur, Cecep Sobandi, mengatakan bahwa bus keliling tersebut dibuat untuk meningkatkan Rata-rata Lama Sekolah (RLS) Cianjur yang masih di angka 6,82 tahun. Rendahnya RLS tidak hanya diakibatkan warga putus sekolah selama beberapa tahun terakhir, namun juga warga lanjut usia yang dulu hanya sempat mengeyam pendidikan hingga setingkat SD.

“Kami akan sadarkan lagi pentingnya pendidikan yang lebih tinggi, melalui sosialisasi dan mobil keliling tersebut. Kami genjot peningkatan RLS sampai minimal 8 tahun,” kata dia. (isl)

Comments

comments