Deddy Mizwar: Sekolah Inklusif Harus Ada di Tiap Kecamatan

0
184

CIANJUR, patas.id – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mendorong pembentukan sekolah inklusif di seluruh kecamatan. Pembentukkannya tidak hanya di kota besar, namun di seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat, termasuk Kabupaten Cianjur.

“Pemerintah Provinsi Jawa Barat sekarang sedang konsen dalam peningkatan pendidikan terutama bagi anak-anak berkebutuhan khusus,” ujarnya saat ditemui di Cipanas, Kamis (9 Maret 2017) dalam acara pameran dan pertunjukan siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Purnama BC.

Menurutnya, saat ini anak berkebutuhan khusus hanya difasilitasi pendidikannya di SLB, itupun jumlahnya sangat terbatas. Akibatnya, yang bisa merasakan pendidikan hanya mereka yang berada di wilayah perkotaan.

“Kalau mengandalkan SLB, kasihan yang tempat tinggalnya jauh. Kalau di Cianjur itu yang warga selatan susah, harus ke kota. Masak mesti memaksakan pindah ke wilayah kota agar anaknya yang berkebutuhan khusus bisa sekolah?”

Deddy mengatakan, sekolah-sekolah inklusif harus hadir di setiap kecamatan. Hal itu dilakukan agar mereka yang berkebutuhan khusus yang di daerah pinggiran bisa mengenyam pendidikan.

“Harus ada, minimal satu kecamatan ada satu sekolah inklusif.”

Tenaga pengajar juga perlu ditambah dengan menyekolahkan mereka (guru) yang minat menjadi pengajar siswa kebutuhan khusus. Deddy mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun akan memfasitasi para pengajar tersebut untuk melanjutkan pendidikannya.

Kan ada pendidikan lagi, bagaimana menangani siswa berkebutuhan khusus. Nanti disekolahkan. Sudah banyak yang mengajukan diri, tapi tidak tahu dari Cianjur ada berapa banyak. Yang jelas kami dukung pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus,” tuturnya. (isl)

Comments

comments