Pemprov dan Pemda Berjanji Fasilitasi Siswa Berkebutuhan Khusus

0
159

CIANJUR, patas.id – Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar mengatakan hasil kreatifitas dan seni dari siswa berkebutuhan khusus kurang terfasilitasi untuk pemasaran. Menurutnya, karya yang dipamerkan di Hotel Cianjur tidak kalah dengan hasil dari pelaku seni atau kreatif pada umumnya. Sayangnny‎a, belum ada pemasaran khusus bagi mereka.

“Bagaimana orang mau tau karya dan apa yang dihasilkan mereka kalau tidak ditampilkan. Makanya ekspo ini bagus untuk promosi,” ujarnya usai menghadiri pameran karya SLB Purnama Cipanas, Kamis (9 Maret 2017).

Menurut Deddy, pemerintah provinsi akan memfasilitasi kaum difabel atau berkebutuhan khusus, baik berupa peningkatan pendidikan atau pemasaran karya mereka untuk bidang ekonomi.

“Memang nanti ada upaya juga dari Pemprov, tapi sekarang ini kami fokus dulu ke pendidikannya.”

Ketua Dekranasda Kabupaten Cianjur, Ratu Elisye, mengaku terharu melihat kreatifitas dari siswa berkebutuhan khusus tersebut. Dia mengatakan, mereka yang punya keterbatasan ternyata mampu menunjukkan kelebihannya. “Bahkan yang normal saja bisa terlampaui dalam beberapa bidang oleh para siswa berkebutuhan khusus tersebut,” tuturnya.

Menurut istri Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar ini, Dekranasda Kabupaten Cianjur bakal memberikan space khusus bagi karya siswa berkebutuhan khusus dan kaum difabel di Kota Santri sebagai oleh-oleh jika datang ke Cianjur. “Kami beri ruang khusus, nanti di kantor Dekranasda akan ditampilkan dan jadi bahan promosi,” janjinya.

Sementara itu Ketua Yayasan Purnama Cipanas, Khudhori, menuturkan penyelenggaraan pameran keempat ini dilakukan untuk mempromosikan karya siswanya. Dia berharap peran pemerintah Cianjur dan Provinsi Jawa Barat bisa lebih baik dan memperhatikan siswa berkebutuhan khusus atau ka difabel.

“Semoga ada perhatianyang lebih baik lagi. Kalau memang nanti difasilitasi di Dekranasda, kami sangat menerima agar siswa bisa lebih percaya diri dengan karyanya,” ucap dia. (isl)

Comments

comments