KPU Perkenalkan Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL)

0
190

JAKARTA, patas.id – Demi membangun sistem yang transparan, akuntabel dan bertanggung jawab dalam hal verifikasi partai politik calon peserta Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar sosialisasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL).

Sosialisasi dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Lantai 2 KPU RI Jakarta Pusat, Selasa (7 Maret 2017), dan dihadiri oleh seluruh komisioner KPU dan 38 dari 73 partai politik yang telah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Menurut Ketua KPU Juri Ardiantoro, 35 partai lainnya belum bisa dikonfirmasi.

“Baru 38 parpol yang pengurusnya bisa didatangi, ditemui, dan dikirimi surat. Sebanyak 35 parpol lain masih sulit dicari keberadaan pengurusnya maupun alamat kantornya.”

SIPOL sendiri merupakan seperangkat sistem teknologi informasi berbasis web untuk melayani Parpol calon peserta Pemilu. Sistem ini memungkinkan Parpol untuk melakukan input data seperti profil parpol, kepengurusan, domisili dan keanggotaan melalui internet. Juri menyatakan bahwa sistem ini belum final dan berharap masukan dari Parpol untuk memperbaikinya.

“Dengan adanya SIPOL ini, Parpol dan KPU bisa membangun sistem yang transparan, akuntabel dan bertanggung jawab dalam verifikasi parpol calon peserta pemilu. Namun, sistem ini belumlah sistem final karena masih akan disesuaikan dengan RUU Penyelenggaraan Pemilu yang sedang dibahas. Kami juga mengharapkan masukan dari Parpol yang hadir untuk perbaiki SIPOL ini nanti.”

Berdasarkan penelusuran patas.id, website SIPOL telah bisa diakses. Untuk melakukan verifikasi atau input data pada SIPOL, Partai Politik harus menunjuk seorang pejabat partai sebagai pemilik akun master yang akan dibuatkan oleh KPU RI pada saat pengambilan formulir pendaftaran. Jika panasaran, pembaca Patas bisa mengintip nama-nama ke-73 Partai Politik yang telah terdaftar dalam SIPOL ini. (cho)

Comments

comments