Ini Yang Diperhatikan Pramugari Saat Melihat Penumpang Pesawat

0
232

PATAS.ID – Meskipun terlihat menyenangkan, namun profesi pramugari adalah profesi yang menuntut tanggung jawab penuh atas keselamatan dan kenyaman penumpang. Oleh karena itu, seorang pramugari harus pintar melihat potensi baik yang menguntungkan maupun membahayakan penerbangan.

Dalam sebuah tanya jawab di Quora, muncul pertanyaan: Apa yang diperhatikan pramugari dalam diri penumpang pesawat? Dua jawaban muncul dari 2 pramugari senior, Janice Bridger dan Myriam Mimi. Dilansir dari The Sun, berikut ini adalah hal-hal yang selalu diperhatikan pramugari dalam diri penumpang pesawatnya:

Kewarganegaraan. Sjaak Schulteis, pramugari maskapai Lufthansa, mengatakan bahwa dirinya bisa menaksir kewarganegaraan penumpang lewat majalah atau koran yang mereka baca, atau lewat ucapan spontan yang dikeluarkan. “Jika aku tahu kewarganegaraan penumpang, aku bisa menyambut mereka dengan bahasa negaranya.”

Potensi Masalah. Menurut Schulteis, penumpang yang nampak dalam keadaan mabuk takkan diijinkan memasuki pesawat. “Oleh karena itu, kami selalu menajamkan penciuman. Jika nafas penumpang sudah berbau alkohol, kami melarang mereka masuk. Sejauh ini, sudah 4 penumpang yang kuusir karena mabuk berat. Untungnya, keputusanku selalu didukung kru lain dan kapten.”

Kebugaran. Janice Bridger yang telah 25 tahun menjadi pramugari, mengatakan bahwa faktor kebugaran penumpang sangat penting. “Jika terjadi sesuatu yang gawat, aku bisa meminta bantuan penumpang yang bertubuh kuat, misalnya mengangkat pintu darurat yang beratnya 30 kilogram atau menenangkan penumpang yang mengacau. Jadi, aku selalu mengingat wajah dan posisi duduk penumpang yang secara fisik terlihat bugar atau berotot.”

Kemampuan Bahasa Inggris. Menurut Bridger, penumpang yang tak memahami bahasa Inggris akan kesulitan memahami instruksi lisan, terutama dalam penerbangan internasional. Karenanya, penumpang jenis ini harus lebih diperhatikan, terutama jika terjadi peristiwa darurat karena mereka takkan paham apa yang harus dilakukan. (cho)

Comments

comments