Alasan Luis Enrique Berhenti Melatih Barcelona

0
157

BARCELONA, patas.id – Pelatih Luis Enrique (46 tahun) mengumumkan bahwa dirinya takkan memperpanjang kontrak sebagai pelatih Barcelona musim depan. Pengumuman tersebut membuat publik Nou Camp terkejut, apalagi Barca baru saja mendapatkan kemenangan gemilang 6-1 melawan Sporing Gijon.

Enrique yang pernah menjadi pemain Barca (1996-2004) menjadi pelatih sejak Mei 2014 dan telah membawa klub Catalan tersebut memenangkan Liga Champions League, La Liga, serta treble Copa del Rey 2014/15. Musim lalu, Enrique juga memenangkan titel La Liga dan Copa del Rey. Namun setelah kekalahan 4-0 di Liga Champion oleh klub Perancis Paris Saint-Germain bulan lalu, Enrique banyak dihujani kritik.

Enrique mengaku telah menemui Directur Barcelona Albert Soler dan Robert Fernandez sebelum permulaan musim dan memberitahu niatnya tersebut. Menurutnya, Soler dan Fernandez berusaha menahannya.

“Mereka mengatakan bahwa aku tak perlu buru-buru membuat keputusan. Tapi waktunya telah tiba. Ini adalah keputusan yang sulit namun telah dihitung dan dipertimbangkan matang-matang. Aku harus setia pada keputusanku. Masih ada 3 bulan tersisa, kami berada dalam situasi yang sulit, terutama dalam satu kompetisi, tapi dengan bantuan semua orang dan jika keberuntungan menemani, kami bisa membalikkan keadaan. Aku berjanji akan memberikan dedikasi penuh dalam 3 bulan terakhirku di sini.”

Seperti halnya Pep Guardiola yang berhenti melatih pada tahun 2012 justru di saat Barca sedang berrjaya, Enrique juga menyebutkan bahwa tekanan melatih Barca sebagai alasan kepergiannya. “Dengan profesi ini (sebagai pelatih Barca, red), aku hanya punya waktu beberapa jam sehari untuk istirahat,” paparnya.

Sementara itu Presiden Barcelona Josep Bartomeu menyatakan bahwa pihaknya telah menerima keputusan Enrique dan memuji kinerjanya selama ini. “Enrique pelatih yang luar biasa. Semoga saja dia mengakhiri musim ini dengan baik. Dia telah membawa kemenangan untuk Barca dan semoga masih ada kemenangan lain yang dibawanya hingga akhir musim. Para pemain sangat termotivasi.”

Keputusan Enrique untuk tidak memperpanjang kontrak memunculkan spekulasi mengenai siapa pengganti yang layak. Pelatih Jorge Sampaoli digadang-gadang menjadi pilihan favorit, selain Ernesto Valverde. (cho)

 

Comments

comments