Hitung-hitungan Berapa Dihamburkan Raja Salman Hanya Untuk Penginapan

0
208

BALI, patas.id – Meskipun Raja Salman Abdulaziz Al-Saud masih berada di Malaysia dalam rangka kunjungannya ke 6 negara Asia, namun sebagian rombongan Raja Salman Abdulaziz Al-Saud telah tiba di Jakarta. Tentu saja, kunjungan rombongan yang totalnya berjumlah 1.500 orang tersebut tentu akan menguntungkan sektor pariwisata Indonesia.

BACA: Lawatan 31 Hari Raja Salman ke 6 Negara Asia

Menurut informasi, kloter awal rombongan Raja Salman telah mem-booking Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan mulai 1-4 Februari 2017. Menurut situs booking.com, tarif per malam mulai untuk kelas suite di Hotel Raffles dengan luas 135 meter plus pemandangan taman mencapai harga Rp 16,7 juta per malam sementara harga termurah adalah untuk Twin Room dengan tarif Rp 7,8 juta per malam. Total jumlah kamar yang ada di Hotel Raffles adalah 173 kamar.

Lepas dari Jakarta, Raja Salman dan rombongan akan berlibur ke Bali selama 5 hari, yakni mulai 4-9 Maret 2015. Menurut Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, pihaknya sudah siap menerima kedatangan Raja Salman dan menyatakan bahwa kunjungan tersebut murni untuk liburan.

Untuk menyambut kedatangan Raja Salman dan rombongan, Bandara Internasional Ngurah Rai dikabarkan akan ditutup selama 45 menit untuk antisipasi keterlambatan pesawat. Selain itu, beberapa hotel eksklusif di wilayah Nusa Dua, Bali, sudah bersiap menerima kedatangan rombongan.

Ketua Asosiasi Tour dan Travel Indonesia, Asnawi Bahar, mengungkapkan bahwa Raja Salman telah mem-booking semua ruangan di St Regis Resort, The Laguna, Bali Hilton (dulu Grand Nikko) dan Ritz Carlton yang semuanya berlokasi di Nusa Dua.

Berdasar penelusuran patas.id, tarif hotel di keempat hotel tersebut adalah sebagai berikut:

  1. St Regis: memiliki 123 kamar, tarif Rp 16,1 juta-64,3 juta per malam
  2. The Laguna: memiliki 287 ruangan, tarif Rp 4,4 juta-10,8 juta per malam
  3. Bali Hilton: memiliki 408 kamar, tarif Rp 3,2 jura-20,5 juta per malam
  4. Ritz-Carlton: memiliki 313 kamar, tarif Rp 8,1 juta-53,1 juta per malam.

Menurut Asnawi, rombongan Raja Salman terbagi-bagi. Selain menteri dan para pangeran, terdapat sejumlah pengusaha asal Saudi Arabia dan negara lainnya yang akan ikut serta. Selain mengunjungi Bali, mereka juga akan berlibur di beberapa daerah di Indonesia seperti Yogyakarta, Medan, Padang, and Lombok.

Kemewahan perjalanan Raja Salman sudah terkenal ke seluruh dunia. Pada September 2015, misalnya, Raja Salman pernah berkunjung selama 3 hari ke Amerika Serikat dan mem-booking 222 kamar di hotel mewah Four Seasons. Dilansir Politico, salah seorang tamu yang terpaksa memperpendek masa inapnya di Four Seasons mengatakan bahwa pihak hotel mendekorasi ulang beberapa ruangan hingga bernuansa emas.

“Semuanya bernuansa emas, mulai cermin, ujung meja, lampu, bahkan gantungan baju.”

Dua bulan berikutnya, pada November 2015, misalnya Raja Salman dan 1.000 orang rombongan giliran mem-booking Mardan Palace, Turki, dalam rangka pertemuan Group of Twenty atau G20. Selama kunjungan 3 hari di Turki, Raja Salman merogoh saku sebesar $18 juta atau sekitar Rp 240 miliar hanya untuk penginapan saja.

Jadi, berapa kira-kira uang yang masuk ke saku sektor pariwisata Indonesia dari 9 hari kunjungan Raja Salman dan 1.500 rombongannya? (cho)

 

 

Comments

comments