Cuaca Buruk Akibat Badai La Nina Akan Terus Terjadi Hingga Maret

0
164
Yellow road warning sign , Are You Ready ? , 3d render

CIANJUR, patas.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur menyatakan status siaga banjir dan longsor diperpanjang sampai 29 Mei 2017. Pasalnya cuaca buruk terus terjadi hingga mengakibatkan bencana beberapa waktu terakhir.

Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, mengatakan bahwa di wilayah Jawa Barat khususnya Cianjur, cuaca buruk akibat badai La Nina akan terjadi hingga Maret mendatang. Oleh karenanya, hujan lebat mengguyur selama beberapa hari terakhir.

“Dari Januari sampai awal Februari tingkat bencana hanya sedikit, tapi di pekan ini kami akui memang intensitas hujan dan bencana cukup tinggi. Hampir setiap hari ada beberapa bencana yang terjadi bersamaan.”

Menurutnya, bencana yang sering terjadi membuat Pemkab Cianjur mengeluarkan kebijakan, dimana siaga banjir dan longsor ditentukan sampai Mei 2017. Hal itu juga selaras dengan kebijakan Pemprov Jabar yang menentukan siaga sampai beberapa bulan ke depan. “Semua petugas akan terus disiagakan. Bahkan diperkirakan sampai Maret, intensitas bencana akan tetap tinggi,” ujarnya.

Asep mengatakan, petugas dan tim relawan juga diinstruksikan untuk terus memantau titik rawan bencana di Cianjur. Ketika cuaca buruk terjadi maka seluruh pihak sudah bersiaga.

“Terakhir kami cek titik rawan di Campaka Mulya dan di Sungai Cibuni. Kami juga langsung datangi lokasi bencana untuk mendata dampak dan potensi lainnya.”

Jika mesti direlokasi karena pemukiman penduduk sudah mengkhawatirkan, lanjut Asep, pihaknya akan segera melakukan tindak lanjut dan pengkajian. Apabila harus, maka pendanaan akan dilakukan bagi pemindahan warga.

“Kami di sini hanya sebagai koordinasi seluruh intansi. Tapi kalau ada yang harus diberi bantuan dan direlokasi pasti diusahakan. Saat ini kami pun tengah melakukan Rakornas untuk antisipasi bencana se-Indonesia. Setelah selesai langsung ke Cianjur lagi sebab kerawanan bencana masih tinggi,” tandasnya. (isl)

Comments

comments