Akibat Hujan Deras 2 Hari Terakhir, Wilayah Ini Alami Banjir Bandang dan Longsor

0
159

CIANJUR, patas.id – Sejumlah wilayah di Cianjur mengalami banjir bandang dan longsor akibat hujan deras yang mengguyur‎ beberapa hari terakhir. Meski belum ada laporan korban jiwa atau kerusakan bangunan, bencana tersebut dikhawatirkan meluas dan berdampak besar.

Seperti yang diketahui, sejak tiga hari lalu, hujan deras terus mengguyur banyak wilayah di Cianjur. Bahkan, sejak Senin (20 Februari 2017) kemarin, hujan terjadi dari pagi sampai malam hari. Hari ini pun, hujan menguyur mulai pukul 02.00 WIB hingga sekitar pukul 10.00 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, mengatakan bahwa sejak dini hari, ada beberapa laporan bencana akibat hujan deras yang mengguyur, mulai dari luapan air sungai, banjir bandang, hingga longsor.

“Banjir terjadi di beberapa desa di Ciranjang serta Karangtengah. Kami juga waspadai Sungai Cibuni, melihat banyaknya laporan banjir dan luapan sungai,” ujar Asep, Selasa (21 Februari 2017).

Sementara itu, tebing setinggi puluhan meter yang dikenal Cadas hideung di Desa Pagelaran Kecamatan Pagelaran kembali mengalami longsor. Akibatnya, menurut Asep, akses menuju Pagelaran terhambat.

“Di sana memang sering longsor, setiap hujan deras pasti ada longsoran. Seperti hari ini, kami dapat laporan di sana ada longsor lagi yang menutup jalan. Tapi kami sudah koordinasi dengan Binamarga Provinsi Jawa Barat agar dinormalisasi segera.”

Asep menambahkan, BPBD masih melakukan pendataan dan pemantauan ke lokasi untuk memastikan dampak dari bencana yang ada. Tidak hanya itu, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan relawan lain di wilayah yang juga rawan longsor dan banjir bandang.

“Sekarang tim sedang menuju lokasi untuk melihat kondisi di lapangan. Kami juga pantau sungai Cibuni, Cikondang, dan Babakan Varingin, ‎sebab dikhawatirkan ikut meluap,” tuturnya. (isl)

Comments

comments